Sabtu , 17 April 2021

Tiongkok Jual Mobil Listrik Murah Hanya Rp63 Juta

25 Februari 2021 14:31 WIB


Sebuah kendaraan listrik (EV) murah mulai dipasarkan di Tiongkok dengan harga US$4500 atau setara Rp63 juta (Foto: BBC/Getty Images)

Solotrust.com - Sebuah kendaraan listrik (EV) murah mulai dipasarkan di Tiongkok dengan harga US$4500 atau setara Rp63 juta. Kendaraan ini diperkirakan akan menjadi pesaing Tesla yang menyasar segmen kelas atas.

Mobil murah dengan desain kompak tersebut mendulang sukses besar bagi SAIC Motor, produsen mobil top Tiongkok. Berdasarkan data Januari lalu, penjualan mobil listrik murah di Tiongkok mencapai dua kali lipat dari Tesla.



Melansir BBC, Kamis (25/02/2021), brand kendaraan Hong Guang Mini EV saat ini tengah dibangun sebagai bagian dari usaha patungan bersama raksasa mobil AS General Motors (GM). Hong Guang Mini standar yang dibanderol seharga US$4500 adalah model paling populer di Tiongkok. Sementara jika dilengkapi dengan fitur AC, mobil murah ini ditawarkan di atas US$5000. Mobil-mobil tersebut dipasarkan sebagai sarana transportasi komuter masyarakat.

Pakar otomotif mengatakan, meski jelas tertinggal jauh di belakang Tesla dalam hal baterai, jangkauan, dan kinerja, namun kenyamanan serta harga murah menjadikannya sebagai salah satu kendaraan "energi baru" terlaris di Tiongkok.

Diluncurkan tahun lalu, model dasarnya memiliki kecepatan tertinggi 100 km/jam (62mph) dan dapat menampung empat orang sekaligus.

"Pemerintah Tiongkok serius tentang pengurangan polusi dan menjadi pemimpin global dalam mengadopsi dan mempromosikan inovasi kendaraan listrik," kata Direktur Pelaksana Grup Riset Pasar Tiongkok, Shaun Rein kepada BBC.

"Kami tetap sangat optimistis pada adopsi EV murah seperti Hong Guang Mini ke yang lebih tinggi seperti NIO dan Tesla," tambahnya.

Adapun untuk mempromosikan EV, pemerintah Negeri Tirai Bambu menawarkan pelat nomor secara gratis dan bergaransi. Di banyak kota, dibutuhkan waktu berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun untuk mendapatkan pelat nomor mesin bensin melalui berbagai sistem lelang. (and)

(redaksi)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com