Kamis , 4 Maret 2021

Tes Genose Sudah Tersedia di Stasiun Tawang Semarang

17 Februari 2021 11:03 WIB


Pengecekan Covid-19 dengan alat Genose.

SEMARANG, solotrust.com- PT KAI Daop 4 Semarang mulai menyediakan layanan tambahan pengecekan Covid-19 dengan alat Genose di Stasiun Tawang Semarang, bagi penumpang yang akan melakukan perjalanan dengan kereta api jarak jauh, terhitung mulai Senin (15/2/2021).

Alat genose di Stasiun Tawang Semarang ini menyusul stasiun sebelumnya yaitu Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Yogyakarta.



Manajer Humas PT KAI Daop 4 Semarang Krisbiyantoro mengatakan, layanan pemeriksaan dengan menggunakan genose tersebut mulai diberlakukan dan ini merupakan bentuk peningkatan pelayanan bagi pelanggan dalam rangka persyaratan untuk perjalanan kereta api.

Calon penumpang yang sudah memiliki tiket atau bukti pemesanan bisa melakukan pemeriksaan genose hanya dengan biaya Rp 20 ribu, hasil pemeriksaan Genose ini bisa diketahui 5 menit kemudian.

Kepada calon penumpang yang akan melakukan pemeriksaan Genose diimbau untuk tidak merokok, makan maupun minum 30 menit sebelum pengecekan.

“Pemeriksaan Genose 5 menit sudah diketahui terhitung sejak mulai melakukan hembusan nafas yang dikeluarkan di kantong.” Jelas Krisbiyantoro.

Stasiun Tawang merupakan satu dari 8 stasiun yang sudah menggunakan Genose untuk pengecekan covid-19.

Meski telah mengaplikasikan pengecekan dengan menggunakan Genose, layanan tes cepat antigen bagi calon penumpang ka juga masih tersedia.

Pihaknya memberikan alternatif bagi masyarakat dengan menggunakan Tes Antigen atau Genose, untuk kereta lokal atau jarak dekat tidak diperlukan hasil tes antigen maupun genose, namun penumpang KA wajib menerapkan protokol kesehatan ketat saat berada di dalam stasiun maupun didalam kereta.

Sementara itu Intan, seorang calon penumpang kereta tujuan Jakarta mengaku senang dengan adanya layanan Genose di Stasiun Tawang, karena selain harganya lebih terjangkau dibanding antigen, hasilnya juga lebih cepat keluar dan lebih praktis.

“lebih praktis dan lebih murah sih, soalnya kalau swab kan sakit ya dari hidung, jadi lebih efektif yang ini (Genose).” Kata Intan.

Tata cara tes Genose cenderung lebih mudah, yakni sebelum menghembuskan nafas dalam kantung yang telah disediakan, calon penumpang harus menarik nafas dalam hingga tiga kali, lalu menghembuskan udara di dalam kantung tanpa harus melepas masker. (vit)

()

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com