Kamis , 4 Maret 2021

Purna Tugas Sebagai Wali Kota, Mural FX Rudy Hiasi Kota Solo

17 Februari 2021 09:41 WIB


Seniman mural Kota Solo membuat karya mural untuk hadiah purna tugas Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo.

SOLO, solotrust.com- Sejumlah seniman mural Kota Solo membuat karya mural untuk hadiah purna tugas Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo pada 17 Februari 2021.  

Para seniman melukis sejumlah mural terkait Wali Kota Rudy, salah satunya di tembok panjang sebuah gudang di Jl. Juanda 240, Pucangsawit, Solo. Mural tersebut menggambarkan sisi jiwa merakyat dan mengayomi yang selama ini ada dalam sosok Rudy.



Salah satu seniman mural, Irul Hidayat menyampaikan dalam karya mural tersebut tampak beberapa visual yang dikemas secara parodial, yaitu sosok figur Rudy dalam pose kepala plontos tengah mencukur Gibran Rakabuming Raka yang merupakan wali kota terpilih, periode berikutnya. Visual tersebut  menggambarkan tentang estafet kepemimpinan dan bentuk pengayoman serta bimbingan seorang FX Rudy kepada anak muda.  

“Visual yang kami hadirkan, kami lukiskan secara parodial diantaranya adalah sosok pak Rudy berkepala plontos yang tengah mencukur Gibran Rakabuming sebagai symbol penerus tongkat estafet.” Kata Irul, Selasa (16/2/2021).

Sementara di sisi lainnya tampak visual sosok Rudy berkendara naik sepeda motor. Kemudian sosok Rudy dengan pakaian dinas putih bersih tengah menyapu juga tampak divisualkan dalam mural ini.  

Selain mural naratif tersebut, beberapa seniman mural juga membuat mural bertema sosok Rudy yang memakai pakaian Jawa dengan tagline "maturnuwun" di sekitaran perempatan Ngarsopuro serta juga di Jl. Juanda sisi timur. Hal ini sebagai bentuk ungkapan terima kasih atas pengabdian Rudy selama ini bagi Kota Solo, sekaligus sebagai penanda sejarah bahwa di Solo pernah memiliki figur wali kota yang unik, sederhana dan merakyat seperti Rudy. (daw)  

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com