Sabtu , 15 Mei 2021

Yamaha Luncurkan Livery Motor MotoGP 2021

16 Februari 2021 17:05 WIB


Yamaha YZR-M1, Yamaha Factory Racing (Foto: Yamaha MotoGP)

Solotrust.com - Yamaha telah meluncurkan livery motor pabrikan untuk MotoGP 2021 dengan line-up Maverick Vinales dan Fabio Quartararo. Ini sekaligus menjadi kali pertama bagi Valentino Rossi tidak menjadi bagian dari line-up pabrikan Yamaha sejak kembali dari Ducati pada 2013 silam.

Melansir Motorsport, Selasa (16/02/2021), livery Yamaha kali ini tak banyak berubah dari musim lalu karena pihak pabrikan masih menggandeng sponsor Monster Energy. Yamaha sendiri telah memenangkan separuh dari 14 seri balapan musim lalu. Sayang, tim pabrikan maupun satelit tak mampu tampil konsisten.



Yamaha hanya mampu membawa pembalap Petronas SRT Franco Morbidelli berada di urutan kedua klasemen akhir dengan motor M1 2019. Sementara Vinales tercecer di urutan keenam klasemen. Demikian pula dengan Quartararo. Penampilan kuatnya di awal musim harus memudar seiring berjalannya seri balapan.

Baik Vinales maupun Quartararo banyak mengkritisi tentang kekurangan motor Yamaha M1 2020. Yamaha, bahkan juga sempat terlibat kontroversi di akhir musim, ketika dinyatakan bersalah menjalankan mesin nonhomolog pada pembukaan GP Spanyol Juli lalu.

Atas alasan pengawasan internal disebabkan pemasok yang tak lagi membuat suku cadang homolog untuk musim 2020, Yamaha menurunkan mesin dengan katup ilegal di GP Spanyol. Mesin ini akhirnya terbukti tidak dapat diandalkan juga.

Vinales dan Rossi kehilangan unit pada akhir pekan pembukaan. Yamaha terpaksa menarik dua dari alokasi masing-masing pengendara karena katup yang tidak homolog.

Pada 2021, mantan pembalap Tech3 dan pemenang tiga kali balapan MotoGP Cal Crutchlow akan menjadi pembalap tes resmi Yamaha. Ia menggantikan juara dunia tiga kali Jorge Lorenzo dalam peran tersebut.

Skuad satelit Yamaha SRT akan meluncurkan line-up musim 2021 bersama Valentino Rossi dan Franco Morbidelli pada 18 Februari 2021. (and)

(redaksi)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com