Senin , 17 Mei 2021

Psycho Red Velvet Raih Ranking Tertinggi untuk Lagu dari Girlgroup di Chart Tahunan MelOn 2020

13 Februari 2021 06:07 WIB


Red Velvet dalam foto konsep "Psycho" (Dok. SM Entertainment)

Solotrust.com -"Psycho", lagu utama Red Velvet dari album mini kedelapannya "The ReVe Festival: Finale" yang rilis pada 23 Desember 2019 menjadi lagu dari girlgroup yang meraih ranking tertinggi di chart tahunan MelOn tahun 2020.

Pada 9 Februari 2021, MelOn merilis daftar 10 lagu K-Pop yang paling banyak didengarkan di platformnya sepanjang 2020 dan "Psycho" menempati peringkat kedua secara keseluruhan, tertinggi untuk lagu dari girlgroup.



Dari posisi pertama sampai kesepuluh berturut-turut ditempati oleh BTS dengan "Boy With Luv", Red Velvet dengan "Psycho", BTS dengan "Dynamite", BLACKPINK dengan "How You Like That", Oh My Girl dengan "Nonstop", BTS dengan "ON", Oh My Girl dengan "Dolphin", MAMAMOO dengan "HIP", BTS dengan "Spring Day", dan BTS dengan "Black Swan".

Sehari setelah dirilis, "Psycho" diketahui berhasil menempati peringkat pertama di lima chart lagu utama Korsel yakni MelOn, Bugs, Genie, Soribada, dan FLO.

MelOn sendiri adalah chart musik terbesar di Korea Selatan, dengan lebih dari 28 juta pengguna. Chart ini menghitung pendengar aktual atau unik, bukan streaming. Sehingga agar sebuah lagu bisa masuk di chart akhir tahun, lagu tersebut harus didengarkan bukan hanya oleh para penggemarnya tapi juga masyarakat secara umum.

Berdasarkan keterangan SM Entertainment via siaran persnya, album itu pun berhasil memuncaki chart di 42 negara paska dirilis, seperti di Indonesia, AS, Kanada, Brazil, dan Swedia.

Dengan berhasil memuncaki chart album iTunes di AS, Red Velvet sekaligus menorehkan rekor sebagai girlgroup K-Pop pertama yang mampu meraih no.1 di chart itu dengan 3 album sekaligus dalam setahun.

Masih dari keterangan SM Entertainment, "Pyscho" dideskripsikan sebagai lagu pop urban up-tempo dengan hook yang adiktif. Lagu ini digambarkan sebagai lagu cinta yang keren dan manis, yang menceritakan kisah sepasang kekasih yang mengakui bahwa satu sama lain mirip 'Psycho'.

Ini terlihat dalam lirik seperti "Kami berada dalam hubungan yang sangat aneh. Kami saling menghancurkan dan saling berpelukan. Kamu membuat saya merasa seperti psiko. Orang-orang terus memberi tahu kami. Saat kami bertengkar, seperti itu adalah yang terakhir. Tetapi kemudian kami rukun kembali. Mereka tidak mengerti. Lucu sekali."

"Psycho" juga mendapat perhatian media internasional. Majalah PAPER dari AS memilih lagu itu sebagai lagu K-Pop terbaik tahun 2020 dari 40 lagu yang masuk dalam daftarnya. PAPER mengulas bagaimana lagu itu menjadi karya terdinamis Red Velvet, dengan lapisan harmoninya, suara synthnya dan falsettonya. Lagu itu juga dipilih Billboard sebagai salah satu lagu K-Pop terbaik 2019.

Lagu yang diproduksi oleh Cazzi Opeia, Kenzie, EJAE, Yoo Young Jin dan Drew Scott ini juga menjadi lagu dari SM Entertainment tercepat yang memperoleh 10 juta kali streaming di Spotify, yakni hanya dalam waktu 6 hari. (Lin)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com