Entertainment

Twitter: Cuitan Terkait K-Pop Capai 6,7 Miliar Sepanjang 2020

Musik & Film

8 Februari 2021 06:08 WIB

Cuitan terkait K-Pop mencapai 6,7 miliar sepanjang 2020, naik 600 juta cuitan dari tahun lalu sebelumnya (Dok. Twitter)

Solotrust.com - Cuitan terkait K-Pop sepanjang tahun 2020 mencapai angka 6,7 miliar, sebagaimana dikabarkan Twitter via blognya pada 4 Februari 2021 waktu setempat. Jumlah ini naik 600 juta cuitan dari tahun sebelumnya.

Salah satu cuitan yang memiliki engagement tinggi adalah BTS yang menyatakan dukungannya untuk gerakan #BlackLivesMatter pada bulan Juni. Cuitan tersebut telah di-retweet hampir sejuta kali. ARMY (sebutan fans BTS) pun mengumpulkan donasi hingga US $1 juta untuk gerakan tersebut, menyamai jumlah yang disumbangkan oleh BTS.



"Keterlibatan komunitas #KpopTwitter dalam gerakan #BlackLivesMatter memberi penggemar cara lain untuk tetap terhubung dan mengekspresikan pandangan mereka tentang masalah yang lebih luas di masyarakat," kata Twitter dalam postingan blognya.

Untuk menutup tahun 2020, Twitter juga bekerja sama dengan MAMA (Mnet Asian Music Awards) untuk mendekatkan artis dengan para penggemar K-Pop.

Tagar #2020MAMA dan #MAMA2020 pun menduduki puncak tren realtime Twitter di seluruh dunia dengan 126 juta tweet terkait MAMA 2020, yang dihasilkan dari 29 Oktober hingga 6 Desember.

Kerjasama ini juga menandai penggunaan 'Twitter Stanbot ' untuk pertama kalinya, yakni video gerak lambat eksklusif berkualitas tinggi dari artis K-Pop dan pemeran K-Drama, yangmana video ini hanya dapat dilihat di akun Twitter resmi @MnetMAMA.

Indonesia sendiri menjadi negara yang paling banyak mencuitkan tentang K-Pop sepanjang tahun 2020, diikuti Thailand, Korea Selatan, Filipina, Amerika Serikat, Brazil, Malaysia, Jepang, Meksiko, India, Argentina, Peru, Vietnam, Inggris, Prancis, Chile, Singapura, Kanada, Turki, dan Spanyol.

Selama periode itu, artis-artis K-Pop yang paling banyak dimention adalah BTS, NCT, EXO, BLACKPINK, GOT7, TREASURE, SEVENTEEN, TXT, TWICE, dan ATEEZ.

Untuk lagu, 6 dari 10 lagu yang paling banyak dimention adalah dari BTS yakni "Dynamite", "ON", "Black Swan", "Life Goes On", "Boy With Luv", dan "Shadow". Sementara lagu lainnya adalah "Breath" dari GOT7, "Resonance" dari NCT, "How You Like That" dari BLACKPINK, dan "More & More" dari TWICE.

Sementara itu, artis K-Pop yang paling cepat naik di Twitter adalah TREASURE, yang diikuti TXT, ATEEZ, Stray Kids, ENHYPEN, WayV, THE BOYZ, SuperM, IZ*ONE, dan ITZY. (Lin)

(wd)