Jumat , 16 April 2021

I.M Dipuji Forbes Karena Kecerdasannya Menjembatani MONSTA X dengan Publik AS

5 Februari 2021 04:06 WIB


I.M MONSTA X (Dok. Starship Entertainment)

Solotrust.com -I.M dipuji Forbes karena kecerdasannya dalam menjembatani grupnya MONSTA X dengan publik AS. Dalam artikel berjudul "As Monsta X's Top 40 Radio Presence Grows, Member I.M Deserves A Lot Of Credit" yang ditulis Jeff Benjamin untuk majalah bisnis asal AS itu, di awal dikatakan bahwa lagu "Who Do U Love" milik grup itu bisa menjadi hit radio yang potensial, yangmana ia menaruh perhatian besar terkait peran I.M di dalamnya. Kala itu lagu tersebut berada di posisi ke-35 chart "Pop Songs Airplay" di Billboard.

"Dibandingkan dengan beberapa rekan K-pop mereka, MONSTA X telah menunjukkan perhatian besar terhadap dunia radio dan terobosan siaran yang baru ditemukan ini sebagian besar merupakan upaya dari salah satu anggotanya pada khususnya," kata Jeff Benjamin, yang mengarah pada I.M atau yang bernama lahir Im Changkyun, anggota termuda grup itu.



Jurnalis K-pop itu kemudian menyebut bagaimana di awal aktivitasnya di AS, MONSTA X bekerjasama dengan media seperti iHeartMedia, dengan menjadi grup Korsel pertama yang tampil di acara media itu seperti Jingle Ball dan iHeartRadio Music Festival.

Terkait dengan radio, Jeff menyoroti bagaimana kehadiran mereka di radio adalah tantangan yang sulit, dibandingkan dengan konten-konten lain seperti video viral dan wawancara mendalam.

"Jika sebuah grup tidak memiliki anggota yang fasih berbahasa Inggris, hal itu akan membebani seberapa banyak grup dapat berinteraksi pada platform audio saja," kata Jeff.

Dia kemudian menyebut peran besar I.M sebagai juru bicara grup itu di AS. "Dari obrolan sofa yang nyaman di The Zach Sang Show hingga yang  canggung dengan Access Hollywood, rapper berusia 23 tahun itu memimpin grup melalui sebagian besar wawancara awal dan membantu grup itu membangun keberadaan mereka di Amerika Serikat," kata Jeff.

Kerja keras itupun membuahkan hasil. Seperti yang dikatakan Erik Bradley, direktur musik di salah satu stasiun pop terbesar di Chicago, WBBM-FM (B96), kepada Jeff ia mengatakan, "Meskipun 'Who Do U Love?' masih berkembang, kami senang untuk mencobanya karena semua pekerjaan dasar yang telah dilakukan artis dan timnya sejauh ini untuk mencapai titik ini."

Sebelum grup itu mendapatkan kesepakatan dengan Epic Records atau bekerjasama dengan Steve Aoki dan French Montana, I.M dinilai Jeff telah membantu menghubungkan MONSTA X dengan penonton di AS, dengan media menjadi kunci dari hubungan tersebut.

MONSTA X sendiri sejak awal sudah terlihat tertarik dengan pasar AS, dengan tampil untuk pertama kalinya di KCON Los Angeles pada 2015, kurang dari tiga bulan paska debut.

Kerja keras I.M pun terlihat dari situ. Jeff mancatat bahwa dalam wawancaranya saat itu, I.M benar-benar secara serius berkonsentrasi untuk bisa dengan tepat mengekspresikan dirinya dan juga MONSTA X.

"Tanpa bimbingan cerdas dari I.M yang pada awalnya memimpin grup, sangat mungkin mereka tidak akan mendobrak batasan tradisional radio dan festival yang mereka miliki saat ini," kata Jeff.

Di akhir tulisannya Jeff berkata, "(I.M) ini adalah musisi cerdas dan multifaset yang memiliki keterampilan tidak hanya dalam menampilkan pertunjukan yang hebat, tetapi juga dalam membantu menghubungkan dan menjembatani orang-orang yang hanya dapat dilakukan oleh jenis artis terbaik."

Dalam wawancaranya dengan Majalah Singles, I.M pun pernah berbagi seputar bagaimana  pendekatannya dalam menjalani wawancara di AS. Awalnya dia mengatakan, "Ketika Anda melakukan wawancara di luar negeri, mereka merasa menarik bahwa orang asing menemukan kesuksesan di negara mereka sehingga mereka kadang-kadang mengajukan pertanyaan yang tidak menyenangkan. Bohong jika saya mengatakan tidak ada tekanan."

Rapper itu melanjutkan, "Pengendalian pikiran dan tidak menjadi bingung adalah cara saya melakukan wawancara di luar negeri. Mereka menyukai jawaban yang jenaka, jadi saya mencoba menjawab dengan jujur sambil mencampurkan beberapa lelucon. Tidak peduli pertanyaannya, saya mencoba untuk mempertahankan dagu saya dan mempertahankan 'poker face' saya. Jika saya mendapat pertanyaan yang tidak nyaman, saya mencoba menjawabnya dengan pertanyaan lain. Ini semua berkat kepribadian kompetitif saya." (Lin)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com