Jumat , 16 April 2021

GKJ Taman Murni Sragen Tahbiskan Pendeta Baru

3 Februari 2021 11:30 WIB


Christian Galabara Alfadio Putra ditahbiskan sebagai pendeta di Gereja Kristen Jawa (GKJ) Taman Murni Sragen Kota.

SRAGEN, solotrust.com- Christian Galabara Alfadio Putra akhirnya ditahbiskan sebagai pendeta di Gereja Kristen Jawa (GKJ) Taman Murni Sragen Kota. Acara pentahbisan digelar dengan protokol kesehatan Covid dan disiarkan melalui virtual.  

Sempat tertunda akibat pandemi covid-19 , pentahbisan pendeta kedua akhirnya digelar oleh Gereja Kristen Jawa (GKJ) Taman Murni Sragen Kota. Sejumlah kalangan secara terbatas diundang dalam ibadat pentahbisan pada Selasa (2/2/2021) sore. Para pendeta dari GKJ Klasis Solo hadir untuk mengangkat tangannya saat berlangsungnya pentahbisan.



Berbeda dari biasanya, ibadat pentahbisan ini diwarnai dengan tari kontemporer untuk mengantarkan pendeta Galabara sungkem kepada kedua orang tuanya sebelum ditahbiskan.

Ketua Majelis Gereja Kristen Jawa (GKJ) Taman Murni Sragen Kota , Budiharjo menyebut, Christian Galabara Alfadio Putra STh ditahbiskan sebagai pendeta kedua di gereja ini untuk menjadi vikaris bagi pendeta sepuh Is Subari.

Dikatakan Budiharjo, Galabara dipersiapkan akan menggantikan Pendeta sepuh Is Subari yang akan memasuki emeritus (pensiun) Tahun 2023 yang akan datang.

“Majelis gereja sengaja mempersiapkan jauh hari, agar saat terjadi pergantian berjalan smooth (halus). Karena pendeta baru akan nyambung dengan apa yang sudah dilaksanakan oleh pendeta lama. Saat pentahbisan warga jemaat tidak diundang karena disiarkan lewat live streaming.” Katanya.

Budiharjo mengatakan, sudah beberapa kali terjadi di lingkungan GKJ jika mencari calon pendeta pengganti namun tidak dipersiapkan sebelumnya, pemilihannya sering menimbulkan persoalan krusial di kalangan jemaat. Disebutkan Galabara sudah dua tahun melayani di GKJ Taman Murni sebagai Vikaris (wakil) dan membantu Pendeta Is Subari.

Galabara yang alumnus Sekolah Tinggi Theologia Jakarta setelah ditahbiskan akan ditugaskan Majelis untuk melanjutkan S-2 di pergururuan tinggi yang sama di Jakarta. Selama menjalani masa perkuliahan, tugas-tugas kependetaan Galabara masih di back up Is Subari yang memang pensiunnya masih Tahun 2023.

Tugas kependetaan yang dimaksud diantaranya melayani jemaah, melayani kebaktian, perkunjungan dan melakukan penggembalaan jemaat. Bersama Penatua dan Diaken, Pendeta bertugas memelihara, melayani, memimpin, menggembalakan dan memberdayakan jemaat berdasarkan firman Tuhan. (saf)

()

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com