Sabtu , 6 Maret 2021

Cara Membuat Daftar Isi Dengan Mudah

26 Januari 2021 15:23 WIB


Solotrust.com - Teknologi memberikan pelajaran berharga pada kehidupan manusia, mengenai arti penting belajar. Sama halnya ketika menyelesaikan tugas, pastinya Anda selalu menginginkan penyelesaian yang cepat. Berbicara mengenai teknik dasar penulisan, berikut akan dibahas tentang cara membuat daftar isi pada dokumen secara benar.

Blok Judul atau Subjudul

Yang pertama untuk dilakukan yakni blok bagian judul dan subjudul yang akan diedit. Langkah praktisnya Anda dapat mengklik 3 kali langsung pada judul atau sub judul yang tersedia. Atau melakukan blok select terhadap kursor yang ada di microsoft word. Pastikan judul atau subjudul yang dipilih, sesuai dengan yang akan diedit.



Pilih Tipe Heading

Selanjutnya, Anda diharuskan memilih tipe heading. Tipe heading ini sendiri berguna untuk mengatur jarak dari penomoran daftar isi yang akan digunakan. Anda dapat memilih beberapa pilihan heading seperti; Heading 1 untuk pilihan judul, lalu Heading 2 untuk pilihan sub judul, serta Heading 3 untuk pilihan sub-sub judul.

Atur Style pada Tipe Heading

Ketiga, setelah memilih tipe heading Anda diharuskan memilih style untuk menjadi pembeda. Jika berkenan, Anda dapat menyesuaikan dengan pilihan tipe heading yang ada. Misal umumnya antara Heading 1, Heading 2, dan Heading 3 akan terbagi dengan masing-masing warna berupa Hitam, Biru, dan Merah.

Ulangi kembali terhadap Judul/Subjudul yang Dipilih

Ulangi kembali cara membuat daftar isi pada poin pertama hingga ketiga diatas. Lakukan hingga bagian judul atau sub-judul telah selesai diedit. Hal ini berguna untuk memaksimalkan tingkat kerapian antar daftar isi berjalan dengan baik. Pastikan per poin dalam daftar isi telah sesuai dengan modifikasi heading yang dipilih.

Sisipkan Halaman Khusus

Jika sebelumnya Anda belum memiliki halaman khusus, perlu diketahui bahwa penting menyusun hal ini. Anda dapat menambahkan halaman khusus melalui pilihan Insert. Setelah itu klik bagian Blank Page. Umumnya halaman khusus ini berupa kertas kosong guna menjadikan jarak antara daftar isi dengan halaman selanjutnya.

Masukkan Daftar Isi

Langkah selanjutnya dalam cara membuat daftar isi. Yakni memasukkan daftar isi yang dikehendaki. Anda dapat masuk melalui bagian References. Lalu pilih Table Of Contents. Dalam menu tersebut, Anda akan berjumpa beberapa pilihan dari jenis daftar isi yang dikehendaki.

Pilih Jenis Daftar Isi

Jika sudah, Anda perlu untuk memilih jenis dari daftar isi yang tersedia. Apabila Anda menghendaki untuk membuat daftar isi secara otomatis, dapat memilih Automatic Table 1 atau Automatic Table 2. Sesuaikan dengan pilihan konsep daftar isi yang akan Anda buat nantinya.

Tambah Konten pada Daftar Isi

Jika perlu dalam cara membuat daftar isi juga diperkenankan untuk menambah konten. Konten yang dimaksud dalam hal ini adalah beberapa perubahan yang disebabkan dokumen tidak urut, berantakan, dan sebagainya. Sehingga Anda diharuskan untuk segera merapikan, termasuk pada bagian daftar isi.

Sesuaikan Format Penulisan

Selanjutnya terdapat pilihan untuk menyesuaikan format penulisan. Pada format penulisan ini, Anda dapat melihat hasil dari daftar isi yang telah disusun seperti halnya cara diatas. Anda hanya perlu merapikan beberapa bagian yang dirasa kurang rapi. Selebihnya Anda dapat sesuaikan konten dengan keinginan diri sendiri.

Simpan Dokumen

Langkah terakhir untuk cara membuat daftar isi yakni menyimpan tugas. Jangan lupa untuk lebih teliti dalam mengevaluasi hasil akhir dokumen.

Referensi: Gamonesia.com

 

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com