Jumat , 5 Maret 2021

MONSTA X Raih Penghargaan Represent Song of the Year dari APAN Awards 2020

26 Januari 2021 04:03 WIB


MONSTA X meraih penghargaan "Represent Song of the Year" dari APAN Awards 2020 (Dok. APAN Awards)

Solotrust.com -MONSTA X meraih penghargaan "Represent Song of the Year" 2020 atau lagu yang mewakili tahun 2020 dari APAN Awards, acara penghargaan yang dikelola oleh Korea Entertainment Management Association (CEMA). Dipandu oleh Kim Jong Kook dan Jun So Min, acara itu dihelat pada 24 Januari 2021.

"Saya pikir kami dapat mengatakan bahwa kami dapat menerima penghargaan ini karena dicintai oleh banyak orang untuk lagu yang bagus di tahun 2020. Kami benar-benar berterimakasih," kata Kihyun dalam pidato kemenangan itu.



Dalam acara ini APAN Awards menyebut berbagai pencapaian MONSTA X, seperti album studio berbahasa Inggris pertamanya "All About Luv" yang berhasil masuk Top 5 chart Billboard 200.

Tak hanya itu, MONSTA X juga menjadi salah satu artis yang memperoleh penghargaan Top 10 Artist, bersama BTS, GOT7, NCT 127, IZ*ONE, SEVENTEEN, The Boyz, TWICE, Kang Daniel, dan Im Young Woong.

MONSTA X merilis tiga album sepanjang 2020. Pada 14 Februari, grup asal Starship Entertainment itu merilis "All About Luv", album berbahasa Inggris pertamanya.

Dengan album tersebut MONSTA X berhasil masuk chart Billboard 200 untuk pertama kalinya. MONSTA X pun menjadi artis ketiga K-Pop yang berhasil masuk 5 besar chart Billboard 200, setelah BTS dan SuperM.

Album yang terdiri dari 12 lagu itu dahului oleh 4 single promosi yakni "Who Do U Love?" ft French Montana, "Love U", "Someone's Someone", dan "Middle of the Night".

"All About Luv" adalah album yang berfokus pada cinta, dari keindahannya hingga patah hatinya, dari cinta yang bisa dimaknai universal sampai hubungan kekasih.

"Someone's Someone" misalnya, lagu ballad pop ini memiliki harmoni yang tersampaikan dengan cara yang indah oleh para anggotanya. Melihat liriknya, lagu ini tidak hanya berbicara tentang "ingin menjadi seseorang untuk seseorang (someone's someone)" dalam konteks hubungan yang romantis, namun juga bisa terkait dengan hubungan dengan teman, keluarga, atau seperti idola dan penggemarnya.

Semua anggota MONSTA X pun terlibat dalam pembuatan lagu-lagunya, seperti dalam "Who Do U Love?" dan "Middle of the Night".

Album yang telah melampaui 100 juta kali streaming di Spotify ini juga memuncaki chart iTunes di berbagai negara paska dirilis, seperti di Indonesia, Saudi Arabia, Rusia, Ukraina, Brazil, Chile, Finlandia, dan India.

September lalu MONSTA X mendapat penghargaan dari Top Ten Awards (TTA) 2020, yakni meraih nomor satu di region Amerika Serikat. "Kami memenangkan penghargaan yang bermakna. Tempat pertama untuk TTA region AS. Kami akan membalas dukungan dari fans global dengan musik dan konten yang bagus. Terimakasih," kata grup itu dalam sebuah video singkat.

MONSTA X memang dikenal memiliki banyak penggemar di AS. Grup itu pertama kali memulai aktivitas penuhnya di AS dengan tur dunia pada tahun 2017. Setelah itu mereka muncul di berbagai festival, program radio dan TV di sana. Mereka kemudian merilis album berbahasa Inggris pertamanya untuk pasar AS yakni "All About Luv".

Selanjutnya, pada 26 Mei MONSTA X comeback dengan album mini kedelapannya "Fantasia X" dengan lagu utama "Fantasia". Joohoney menciptakan dua lagu yakni "Stand Up" dan "Flow". Sementara I.M menciptakan "Zone".

Dalam showcase online untuk menandai rilisnya album, Joohoney menyampaikan pesan yang ingin ia bagikan lewat lagu "Flow". “Saya membandingkan kami (MONSTA X) dengan angsa dalam lagu itu. Angsa selalu tampak glamor di permukaan, seperti selebriti. Tapi di bawah air, mereka mengayuh dengan begitu keras. 'Mari kita berhenti mendayung dan mengikuti arus kehidupan', itulah pesan untuk para penggemar," kata rapper itu.

Dalam showcase itu Joohoney juga menyebut tentang "Stand Up", yang merupakan fan song untuk Monbebe. "Lagu itu berarti bahwa kita semua harus mengumpulkan kekuatan dan berdiri bersama. Itu adalah tema yang saya harap akan memberi orang kekuatan selama pandemi Covid-19," kata Joohoney.

Yang terbaru, MONSTA X kembali dengan album studio ketiganya "Fatal Love" pada 2 November. Album berisi 10 lagu dengan lagu utama "Love Killa" itu juga berhasil memuncaki chart iTunes di berbagai negara paska dirilis, seperti Indonesia, Brazil, Chile, Estonia, Meksiko, Romania, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan Rusia.

Pada 7 Januari 2021, Gaon mengumumkan bahwa album itu berhasil meraih sertifikasi platinum karena sudah terjual lebih dari 250.000 kopi.

"Love Killa" sendiri adalah lagu dengan suara electro bass yang mendominasi. Ada banyak momen yang menonjol dalam MV maupun lagunya, seperti saat Joohoney dengan senyum nakal berkata "Oh I’m sorry, did I make you anxious?”, hingga verse I.M yang ikonik seperti "I want you to eat me like a main dish/ It’s hot, it looks like it’s hot, hottish".

Anggota MONSTA X pun menciptakan sejumlah lagu untuk album ini. Untuk pertama kalinya lagu Hyungwon masuk dalam album, yang bertajuk "Nobody Else". I.M juga menciptakan lagu berjudul "Night View". Sementara Joohoney menciptakan "Beast Mode" dan "Stand Together".

MONSTA X baru-baru ini berhasil memenangkan beberapa penghargaan besar, termasuk Daesang (penghargaan tertinggi) di Asia Artist Awards (AAA) untuk kategori "Stage of the Year". Ini adalah Daesang pertama mereka sejak debut.

Grup itu juga mendapatkan penghargaan "Best Group" di Golden Disc Awards (GDA) ke-35, "Best Performance" di Melon Music Awards (MMA), "This Year's Artist" di The Fact Music Awards, dan "Best Stage" di Melon Asian Music Awards (MAMA). (Lin)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com