Serba serbi

3 Tips Menjaga Kekebalan Tubuh Anak Selama Pandemi

Tips & Trik

22 Januari 2021 10:03 WIB

Ilustrasi.

JAKARTA, solotrust.com - Sepanjang pandemi Covid-19, ketahanan kekebalan tubuh tetap menjadi yang utama. Anda perlu menjaga sistem kekebalan Anda tetap kuat, sehingga siap untuk menghadapi infeksi apa pun yang menghampiri Anda. Namun selain diri sendiri Anda juga harus memperhatikan kekebalan tubuh anggota keluarga yang lain terutama anak-anak.

Selain itu menjaga kekebalan tubuh tidak hanya di tengah pandemi ini, tetapi juga saat mereka terus tumbuh dan berkembang.  Dokter anak Joel Warsh membagikan beberapa tips perubahan sederhana untuk menjaga kekebalan tubuh anak di tengah pandemi berikut ini.



 

1. Fokus pada makanan organik dan utuh

 “Nomor satu untuk anak-anak adalah diet,” kata Warsh seperti dilansir dari laman Mind Body Green. “Jika tidak memiliki semua nutrisi dan vitamin dari makanan yang mereka makan, itu dapat memengaruhi sistem kekebalan mereka, dan mereka tidak akan mampu melawan virus atau penyakit kronis yang datang."

Meski begitu, dia mendorong orang tua untuk membawa pulang makanan sehat dan utuh — lagipula, orang tua sering berbelanja bahan makanan untuk anak-anak mereka, jadi membawa pulang pilihan yang sehat adalah kuncinya.

“Kiat nomor satu saya, bahkan sebelum pandemi, dalam hal makanan adalah membaca labelnya,” tambah Warsh. “Balikkan kotak itu dan lihatlah. Jika tertulis, cranberry, almond, kacang mete, mungkin tidak apa-apa, kecuali tentu saja mereka memiliki alergi. Tapi jika tertulis tetrametil, atau apapun, itu mungkin tidak baik untuk Anda. ”

Selain berbelanja makanan yang utuh dan sehat, siapkan makanan sebanyak mungkin. Tentu saja, Anda mungkin tidak memiliki kemampuan untuk memasak setiap makanan — itu bagus! Cobalah untuk menyiapkan makanan sendiri saat Anda bisa; kemungkinan besar, Anda akan menggunakan bahan-bahan yang lebih bergizi daripada makanan yang dikemas sebelumnya atau yang telah disiapkan sebelumnya.

 

2. Perhatikan produk di rumah Anda

Kiat umum lainnya, tetapi yang paling menarik terutama sekarang "Kami berada di rumah kami lebih dari sebelumnya sekarang," catat Warsh.

“Jadi, Anda harus memikirkan semua hal yang Anda bawa ke rumah — semua pembersih dan produk sabun yang Anda gunakan. Tentu saja, bahan kimia keras dapat ditemukan di sejumlah barang rumah tangga sehari-hari, tetapi produk pembersih Anda relatif mudah diganti,” kata Warsh.

"Anda bisa pergi dan membeli pembersih tidak beracun, atau Anda bisa, gunakan minyak dan cuka," katanya.

“Perubahan kecil itu. Dapat berdampak besar pada kesehatan Anda secara keseluruhan."

 

3. Habiskan waktu di luar

Olahraga penting untuk kekebalan, tetapi Warsh memuji alasan lain untuk berjalan jauh di luar yaitu vitamin D.

“Vitamin D adalah satu hal yang hampir kita ketahui dengan pasti, pada titik ini, membuat perbedaan besar dalam pandemi. Kita perlu memiliki tingkat vitamin D yang baik, ”kata Warsh.

Seiring dengan penelitian yang solid yang mendukung hubungan vitamin D dengan kekebalan dan kesehatan paru-paru, uji coba kontrol klinis secara acak menemukan bahwa suplementasi vitamin D hampir menurunkan angka rawat inap COVID-19.

Meskipun menggoda bagi anak-anak dan orang dewasa, untuk tetap meringkuk di sofa di depan TV, Warsh mendorong orang tua untuk bangun dan keluar bersama anak-anak mereka.

“Anda harus secara sadar memutuskan untuk berjalan-jalan hari ini, pergi ke taman hari ini, pergi mendaki,” jelasnya.

"Itu tergantung di mana Anda tinggal, tapi pergi ke suatu tempat di mana tidak ada orang — keluar saja dan berjemurlah. Dengan tabir surya, ingatlah, tetapi vitamin D itu tetap penting.”

Kiat Warsh untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh anak Anda mungkin terlihat sangat familier — itu karena mendukung kekebalan tidak memiliki batasan usia. Diet, olahraga, dan lingkungan yang bersih semuanya penting untuk kesehatan secara keseluruhan, baik Anda berusia lima atau lima puluh tahun.

Jadi, saat Anda ingin memperkuat sistem kekebalan anak Anda? Nah, tips berikut ini bisa membuat Anda berdua lebih baik — jadi Anda pasti bisa ikut serta. #teras.id

(wd)