Sabtu , 6 Maret 2021

Kunjungi Solo, Ganjar Pranowo Singgung Rencana Percepatan Vaksinasi Covid-19

20 Januari 2021 11:01 WIB


Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melakukan kunjungan kerja di Kota Solo, Selasa (19/01/2021)

SOLO, solotrust.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melakukan kunjungan kerjanya ke beberapa lokasi di Kota Solo, Selasa (19/01/2021). Dalam salah satu kesempatan kunjungannya di Puskesmas Manahan, Ganjar menyinggung soal rencana percepatan program vaksinasi Covid-19.

Menurutnya, saat ini pihaknya tengah melakukan tahapan untuk memulai percepatan vaksinasi Covid-19 berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Gubernur mengatakan, percepatan vaksinasi perlu dilakukan untuk mengefektifkan dan mengefisienkan waktu atau jadwal vaksinasi Covid-19 tahap pertama.



"Kita akan melakukan percepatan karena dengan sistem yang ada sekatang ini perlu terobosan. Fakta di lapangan ada beberapa yang tidak efisien, misalnya hari ini (Selasa), nakes (tenaga kesehatan) yang dijadwalkan hanya delapan dalam satu sesi, padahal satu sesi kuotanya 15 orang," paparnya.

Ganjar Pranowo menambahkan, jika sistem vaksinasi yang ada saat ini dilonggarkan, masing-masing Dinas Kesehatan di daerah dapat menyisipkan nama-nama nakes yang ditunda vaksinnya dengan data nakes lain. Hal itu dinilai akan lebih mengefektifkan jadwal vaksinasi tahap pertama, menyasar para tenaga kesehatan di Solo.

"Jika kita diberikan kewenangan untuk memasukkan jadwal nakes pengganti yang tidak hadir akan lebih efisien. Seperti diketahui, kita harus memprioritaskan nakes dulu," tukasnya.

Sementara itu, program vaksinasi tahap pertama di Jawa Tengah sendiri ditargetkan selesai awal Februari 2021. Bahkan, jika sistem dari pusat dapat dilonggarkan, gubernur optimistis vaksinasi tahap pertama akan selesai lebih cepat dari target. (awa)

(redaksi)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com