Sabtu , 6 Maret 2021

Petirtaan Kuno dari Abad 10 Masehi Ditemukan di Jombang

18 Januari 2021 18:31 WIB


Sebuah petirtaan kuno baru-baru ini ditemukan di Desa Kesamben, Jombang, Jawa Timur (Foto: Instagram @budayasaya)

Solotrust.com - Indonesia selama ini dikenal mempunyai banyak peninggalan kuno. Peninggalan itu sudah ditemukan kembali, namun banyak pula masih tertimbun di dalam tanah karena beberapa peristiwa yang terjadi di masa silam.

Seperti halnya sebuah situs, diduga merupakan bekas sebuah petirtaan di masa silam yang baru-baru ini ditemukan di Desa Kesamben, Jombang, Jawa Timur. Akun Instagram @budayasaya mengunggah sejumlah foto tentang penemuan petirtaan oleh warga setempat.



"Warga desa Kesamben Jombang Jawa Timur menemukan struktur bata saat membersihkan sendang yang biasa mereka gunakan," demikian caption unggahan akun Instagram @budayasaya, Minggu (17/01/2021).

Temuan itu pun dilaporkan kepada BPCB Jawa Timur kemudian ditindaklanjuti dengan melakukan ekskavasi. Berdasarkan hasil temuan itu, dilaporkan petirtaan kuno tersebut berasal dari abad 10 hingga 12 Masehi. Petirtaan menggunakan teknologi taktikan atau pola saling mengunci antarbatu bata persis seperti batu andesit biasa ditemukan di Jawa Tengah.

Dalam unggahan di akun @budayasaya tampak pula Direktur Jenderal Kebudayaan Hilmar Farid meninjau langsung lokasi temuan petirtaan kuno. Disebutkan, Direktorat Jenderal Kebudayaan akan bersinergi dengan pemerintah setempat dan warga sekitar untuk menghidupkan kembali saluran air dari petirtaan tersebut ke sungai. (dd)


(redaksi)
  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com