Jumat , 5 Maret 2021

TNI Bangun Rumah Sakit Darurat Covid-19 di Benteng Vastenburg Solo

15 Januari 2021 17:52 WIB


Benteng Vastenburg, Solo.

SOLO, solotrust.com- Korem 074/Warastratama membangun rumah sakit lapangan (rumkitlap) di Benteng Vastenburg, Solo. Jajaran korem 074 warastratama melakukan pembersihan area benteng vastenburg sejak Kamis (14/1/2021).   

Komandan Korem 074/Warastratama, Kolonel Inf Rano Tilaar menjelaskan keberadaan rumkitlap akan membantu penanganan covid-19 di Solo dan sekitarnya, sebab kapasitas ruang isolasi rumah sakit di Solo sudah hampir penuh.  



“Angka keterinfeksian di Jawa Tengah ini termasuk yang tertinggi di Indonesia, dan di Kota Surakarta rumah sakit- rumah sakit umum daerahnya menjadi rumah sakit rujukan dari rumah sakit- rumah sakit di kabupaten se-Solo Raya.” Jelas Danrem, Jumat (15/1/2021).

Rumkitlap ini rencananya untuk menangani pasien positif covid-19 dari klasifikasi orang tanpa gejala (OTG), gejala ringan, hingga gejala berat. Dengan demikian fasilitas kesehatan di rumkitlap akan memadai seperti rumah sakit pada umumnya.  

Alasan pembangunan rumah sakit ini adalah angka infeksi covid-19 di Jawa Tengah yang tergolong tinggi dan Kota Solo menjadi penyumbang angka itu, ditambah lagi rumah sakit Kota Solo menjadi rujukan dari wilayah lain se- Solo Raya. 

Alasan pemilihan Benteng Vastenburg sebagai lokasi rumkitlap karena dekat dengan Rumah Sakit Tentara Slamet Riyadi, serta infrastruktur Benteng Vastenburg yang terlindungi tembok dan parit besar yang mengelilinginya.  

Proses pembangunan fisik rumkitlap hingga beroperasi butuh waktu tujuh hari. Rumkitlap nantinya berkapasitas 100 bed dan 100 nakes yang bekerja dengan sistem sift. (daw)  

()

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com