Hard News

Hari Ini, Pemerintah Mulai Program Vaksinasi Covid-19 Gratis

Sosial dan Politik

13 Januari 2021 10:43 WIB

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menerima suntikan dosis pertama vaksin Covid-19 (Foto: Humas/Jay)

JAKARTA, solotrust.com - Pemerintah akan memulai program vaksinasi Covid-19 secara gratis pada hari ini, Rabu (13/01/2021). Sebagai penerima vaksin pertama adalah Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Insyaa Allah, bapak-ibu kita akan mulai di Hari Rabu dan akan dimulai oleh Bapak Presiden,” ujar Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (11/01/2021) lalu.



Menkes menyampaikan, vaksinasi adalah upaya untuk melindungi diri sendiri sekaligus seluruh umat manusia di dunia.

“Pesan saya hanya satu kepada teman-teman saya rakyat Indonesia bahwa vaksin ini adalah alat yang bisa dipakai untuk melindungi diri kita, tetapi yang lebih penting, vaksin ini juga digunakan untuk melindungi keluarga kita, melindungi tetangga-tetangga kita, melindungi rakyat Indonesia, melindungi peradaban umat manusia di seluruh dunia,” ujarnya di halaman Istana Negara, Jakarta, Rabu (13/01/2021), dilansir dari laman resmi Sekretariat Kabinet RI, setkab.go.id..

Melalui vaksinasi, kata Budi Gunadi Sadikin, diharapkan segera tercapai kekebalan komunitas atau herd immunity. Adapun untuk mencapai hal itu diperlukan vaksinasi kepada 70 persen dari populasi masyarakat.

“Partisipasi teman-teman dari seluruh rakyat Indonesia akan sangat menentukan keberhasilan program ini. Semoga teman-teman saya seluruh rakyat Indonesia bisa memulai program vaksinasi ini, mendukung program vaksinasi ini untuk membangun Indonesia dan dunia yang lebih sehat dan bebas dari pandemi Covid-19,” tuturnya. 

Sebelumnya, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah memberikan persetujuan penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) untuk vaksin Covid-19.

“Pada hari ini, Senin, tanggal 11 Januari 2021, Badan POM memberikan izin penggunaan dalam kondisi emergency (emergency use authorization) untuk vaksin Covid-19 yang pertama kali kepada vaksin CoronoVac produksi Sinovac Biotech Inc bekerja sama dengan PT Bio Farma,” kata Kepala BPOM, Penny K Lukito dalam keterangan persnya di Jakarta, Senin (11/01/2021).

Selain itu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga telah mengeluarkan fatwa vaksin tersebut halal dan suci.

“Terkait aspek kehalalan, setelah dilakukan diskusi panjang penjelasan auditor, rapat Komisi Fatwa menyepakati bahwa vaksin Covid-19 yang diproduksi Sinovac Lifescience yang sertifikasinya diajukan Bio Farma, suci dan halal,” ungkap Ketua MUI Bidang Fatwa, Asrorun Niam Sholeh, Jumat (08/01/2021).

Pemberian vaksin akan dilakukan pada sekira 181,5 juta penduduk Indonesia untuk memperoleh kekebalan komunitas atau herd immunity. Pelaksanaannya dilakukan secara bertahap dengan prioritas pertama adalah para tenaga kesehatan sebagai garda terdepan dalam penanganan Covid-19.

Selanjutnya adalah petugas pelayanan publik serta kelompok usia lanjut (60 tahun ke atas). Vaksinasi kepada kelompok usia lanjut akan dilakukan setelah mendapatkan informasi keamanan vaksin untuk kelompok tersebut.

(redaksi)