Serba serbi

Prihatin Banyak Nakes Meninggal, Satgas Bentuk Bidang Perlindungan Khusus

Kesehatan

8 Januari 2021 12:33 WIB

Ilustrasi

JAKARTA, solotrust.com - Satgas Penanganan Covid-19 saat ini telah membentuk bidang baru, yakni Bidang Perlindungan Tenaga Medis dan Tenaga Kesehatan.

Menurut Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, hal ini bertujuan meningkatkan keselamatan tenaga medis.



"Selain itu juga untuk menurunkan penambahan angka kematian tenaga kesehatan akibat Covid-19 dengan pendekatan promotif dan preventif, serta kuratif dan rehabilitatif melalui respons cepat," jelas Wiku Adisasmito memberi keterangan pers perkembangan penanganan Covid-19 di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (07/01/2021) yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden. 

Hal ini juga menurut Wiku Adisasmito sebagai upaya pemerintah melengkapi upaya penanganan pandemi Covid-19. Keberadaan tenaga kesehatan saat ini semakin berkurang karena gugur menjadi korban terpapar Covid-19. 

Sementara dari data yang disampaikan sebelumnya pada agenda keterangan pers Selasa (03/01/2021) lalu, Wiku Adisasmito menyebut hingga saat ini sudah tercatat ada 237 dokter meninggal. Tren dokter meninggal cenderung mengalami peningkatan, terutama terjadi pada Desember 2020. 

Jika masyarakat terus abai dan tidak menerapkan disiplin protokol kesehatan ketat, fasilitas kesehatan yang ada tidak akan cukup menangani kasus-kasus baru.

"Satu-satunya cara bagi masyarakat adalah dengan mencegah penularan dan menjalankan 3M, yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan," pesan Wiku Adisasmito, dilansir dari laman resmi Badan Nasional Penanggulangan Bencana, bnpb.go.id.

(redaksi)