Senin , 17 Mei 2021

Smoky Joohoney MONSTA X Dipilih MTV Sebagai Salah Satu Lagu B-Side K-Pop Terbaik 2020

5 Januari 2021 17:43 WIB


Joohoney dalam "Smoky" (Dok. Starship Entertainment)

Solotrust.com - MTV merilis daftar 23 lagu B-Side K-Pop terbaik tahun 2020 via lamannya baru-baru ini. Terkait daftar ini MTV berkata, "Kami mungkin memiliki lebih banyak waktu untuk mendengarkan musik baru di tahun 2020, tetapi selalu sulit untuk mengikuti roda hamster dari rilis K-pop, terutama yang tidak dipromosikan sebagai lagu utama. MTV News menyusun daftar tahunan B-side terbaik kami dengan mengingat hal itu."

"Smoky" dari Joohoney MONSTA X menjadi salah satu lagu yang masuk dalam daftar, satu dari ribuan lagu K-Pop yang dirilis sepanjang tahun 2020.



Di awal, MTV mengatakan bahwa penyampaian Joohoney yang powerful bukan hanya trademark karyanya dengan MONSTA X melainakan juga ciri khas dari mixtapenya "Psyche", yang rilis pada bulan Oktober lalu.

"Di 'Smoky', dia mendeskripsikan keadaan tersandung di sebuah dunia yang kabur menggunakan kegelapan secara perlahan hingga chorus emo-rock yang sempurna untuk berteriak bersama yakni (pada lirik) 'Saya ingin kembali ke masa kecil saya'," ulas MTV.

"Dia melakukan rap di akhir bait kedua, menandai paduan suara anak-anak yang bergabung dengannya untuk bridge yang pedih. Di sana, dia menyampaikan pesan yang menggembirakan, seolah-olah berbicara dari sudut pandang seorang teman dekat: "Cinta, rasa sakit / Semuanya hanya pada saat ini / Percaya pada dirimu sendiri'," lanjut MTV.

Dirilis pada 9 Oktober 2020, mixtape "Psyche" berhasil memuncaki chart iTunes di berbagai negara seperti Brazil, Chile, India, Nikaragua, Polandia, dan Arab Saudi.

Berdasarkan keterangan yang tertulis di cover mixtape, "Psyche" (atau dibaca seperti sai-ki) mengacu pada kata benda yang berarti pikiran, pemikiran terdalam, perasaan atau kepercayaan dari seseorang atau grup, dan juga inner self (batin).

Dalam MV "Smoky", Joohoney tampil dalan visual monokrom. Dia terlihat berlari menembus asap, seolah mencari kejernihan. Terdapat lirik seperti "Bisakah kau mendengarku?  Seseorang datanglah membantuku sekarang. Aku tersesat dan aku ingin ditemukan. Di depanku berasap, berasap."

Ada berbagai ekspresi yang terlihat menguras emosi dalam MV ini, misalnya saat ia berteriak tanpa suara sambil menutupi telinganya. Namun Joohoney juga melantunkan lirik yang menguatkan, seperti "Semuanya hanyalah pada saat ini. Percayalah pada dirimu sendiri".

Sementara itu, lagu-lagu B-side lain yang juga masuk daftar misalnya "Open Your Eyes" dari IZ*ONE, "Love Me Now" dari NCT 127, "Horizon" dari ATEEZ, "Ghosting" dari TXT, "Afraid" dari DAY6, dan "UGH" dari BTS. (Lin)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com