Jumat , 16 April 2021

Menkes Budi Gunadi: 5-10 Hari Pascaliburan Tetap di Rumah Saja

30 Desember 2020 13:03 WIB


Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi (YouTube Sekretariat Presiden)

Solotrust.com – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi mengimbau masyarakat yang sedang berlibur Natal dan akhir tahun, diharapkan setelah kembali untuk tetap di rumah saja selama lima hingga sepuluh hari.

Dalam keterangan pers disiarkan langsung melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Budi Gunadi menyampaikan data pascalibur panjang terlihat ada lonjakan masyarakat terinfeksi Covid-19 sebesar 30 hingga 40 persen. Lonjakan ini diakibatkan tingginya mobilitas masyarakat saat libur panjang berlangsung.



Menkes mengimbau bagi masyarakat yang pulang pascalibur Natal dan Tahun Baru untuk melakukan pekerjaan di rumah selama lima hingga sepuluh hari mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19.

“Saya imbau ke teman-teman yang sedang liburan atau keluarga yang sedang berlibur, alangkah baiknya bila setelah kita pulang nanti atau selama kita juga mempersiapkan untuk masuk kerja nanti, kita lebih banyak melakukan pekerjaan di rumah. Kita mengurangi mobilitas kita bergerak selama lima sampai sepuluh hari,” ujar Budi Gunadi dalam Keterangan Pers Menteri Kesehatan, disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (30/12/2020).

Kementerian Kesehatan bekerja sama dengan pemimpin daerah memastikan rumah sakit sudah siap. Hal ini dilakukan guna mengantisipasi lonjakan pasien terinfeksi Covid-19 pascalibur Nataru.

“Saya sudah berbicara dengan beberapa gubernur, ingin memastikan bahwa rumah sakit kita siap. Ruang isolasi, ranjang, ICU, dokter, perawat, obat, alat pelindung diri, dan lain sebagainya siap,” kata Menkes.

Ia juga menekankan masyarakat agar tetap sehat dan mengurangi mobilitas pascalibur untuk bersama mengurangi derajat infeksi Covid-19.

“Jadi kalau kita sama-sama bisa mengurangi derajat infeksi, bisa memastikan bahwa teman-teman itu sehat, mobilitasnya tidak tinggi selama sepuluh hari pertama di awal tahun 2021. Itu akan sangat membantu rekan-rekan yang ada di rumah sakit,” tutur Budi Gunadi. (ray)

(redaksi)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com