Olahraga

Laga Everton Vs Man City Ditunda Gara-gara Corona

Liga Inggris

29 Desember 2020 11:57 WIB

Manchester City menyatakan Kyle Walker dan Gabriel Jesus positif virus corona saat Natal (Foto: BBC/Getty Images)

Solotrust.com - Pertandingan Liga Premier antara Manchester City kontra Everton pada Selasa (29/12/2020) dini hari WIB terpaksa ditunda akibat wabah virus corona menyerang klub.

Liga Premier mengonfirmasi empat jam sebelum kick off di Goodison Park bahwa pertandingan tak akan dilanjutkan. Alasannya tidak lain karena virus corona tengah menghinggapi kubu Manchester City.



Terkait itu, manajemen Everton mengatakan mereka akan meminta pengungkapan penuh atas pengajuan penundaan kepada Liga Premier. Sebelumnya, City melaporkan adanya hasil tes virus corona (Covid-19) positif baru pada Senin, selain yang telah mereka konfirmasi pada Hari Natal. Berdasarkan rapat dewan, Liga Premier pun menyetujui untuk menunda pertandingan.

Menyusul konfirmasi tes positif pada Senin, City mengatakan tempat latihan mereka akan ditutup untuk periode yang tidak ditentukan. Pada Natal kematin, City melaporkan dua punggawanya Gabriel Jesus dan Kyle Walker, serta dua anggota staf dinyatakan positif terpapar virus corona.

Atas saran medis dan setelah berdiskusi dengan kedua klub, Liga Premier memutuskan untuk menunda pertandingan. Penundaan ini terjadi pada hari di mana sejumlah pertandingan Liga Sepak Bola Inggris dibatalkan karena Covid-19.

Di League One, Rochdale mengumumkan dua pertandingan berikutnya akan ditunda, sementara Doncaster mengonfirmasi tiga pertandingan berikutnya telah ditunda. Klub League Two, Morecambe, mengabarkan dua pertandingan berikutnya juga dibatalkan.

Laga Manchester City kontra Everton menjadi pertandingan Liga Premier kedua yang dibatalkan karena virus corona sejak dimulainya kembali liga utama pada Juni. Pertandingan Newcastle di Aston Villa yang dijadwalkan awal Desember juga ditunda.

"Setelah dilakukan tes Covid-19, klub kembali mendapati sejumlah kasus positif, selain empat yang sudah dilaporkan pada Hari Natal," ungkap pihak Manchester City, dikutip dari BBC.

Sementara itu, manajemen Everton dalam sebuah pernyataan mengatakan, para pemain sejatinya telah bersiap untuk menjalani pertandingan, begitu pula staf dan semua yang terlibat di dalamnya. Hari pertandingan adalah tanggal paling penting dalam kalender tim dan menjadi momen yang besar.

"Sementara Everton akan selalu mengutamakan keamanan publik, kami akan meminta pengungkapan penuh semua informasi yang diberikan Manchester City kepada Liga Premier sehingga klub dapat menjelaskan mengapa keputusan ini diambil," lanjut manajemen Everton dalam pernyataannya.

Di lain pihak, Liga Premier menyebut peningkatan kasus Covid-19 di internal Manchester City memunculkan ketidakpastian. Menyikapi itu, dewan kompetisi akhirnya menerima saran medis untuk menunda pertandingan.

"Dewan setuju untuk mengatur ulang permainan sebagai tindakan pencegahan, dan tes lebih lanjut akan dilakukan pada Selasa," tambah Liga Premier dalam pernyataannya.

Keputusan telah diambil dengan memprioritaskan kesehatan para pemain dan staf. City dijadwalkan bakal bertandang ke Chelsea pada Minggu, 3 Januari. Selanjutnya mereka akan menjalani laga semifinal Piala Carabao kontra Manchester United pada Rabu, 6 Januari. (and)

(redaksi)