Entertainment

Better Jadi Album K-Pop Terbaik 2020, Billboard Puji Kemampuan BoA Sampaikan Emosi Manusia

Selebritis

24 Desember 2020 22:03 WIB

BoA (Dok. SM Entertainment)

Solotrust.com - Billboard pada 23 Desember merilis daftar 10 album K-Pop terbaik versinya untuk tahun ini. Album "Better" dari BoA, yang sekaligus menandai 20 tahun karirnya menempati peringkat pertama.

Dalam ulasannya, pertama-tama Billboard mengapresiasi konsistensi BoA dalam dunia K-Pop, dengan mengatakan, "Tidak ada bintang K-Pop dari abad ke-21 yang dapat mengklaim konsistensi yang dimiliki BoA. Selama dua dekade, dia merilis lagu yang tak terhitung jumlahnya yang terus-menerus membuktikan betapa lebih banyak perhatian yang harus diberikan kepadanya."



Billboard juga menyoroti usia BoA yang saat ini baru 34 tahun, namun selama 20 tahun ini terus rajin dan tekun dalam mengeluarkan karya.

"'Better', album studio ke-10 Korea-nya, adalah salah satu rekaman terkuatnya hingga saat ini, dan diisi hingga penuh dengan lagu-lagu yang menampilkannya sebagai seseorang yang meyakinkan dalam keseniannya - keunggulannya jelas terlihat," ulas J.M.K dari Billboard.

Kemudian Billboard mengulas lagu utama album ini yakni "Better", yang dikatakan menghadirikan musik R&B awal tahun 2000-an dengan produksi sinematik yang kuat.

"Garis basnya yang tebal molase dan senar yang tajam memberikan latar belakang bagi BoA untuk menyatakan kebutuhannya akan keamanan dalam suatu hubungan, dan dia menangkap nuansa tersebut dengan elegan. Pada suatu saat, suaranya sedikit sedih, sakit dengan keputusasaan yang ingin tetap tersembunyi; di sisi lain, dia terdengar muak dengan kekasihnya yang sedang memekik, menegaskan kebutuhannya akan kerentanan yang menginspirasi dan relatable. Tidak pernah sedetik pun dia terdengar lemah, dan bagian bridge - dengan gelombang synth yang besar dan berkilauan - memberikan rasa betapa hangat cintanya jika orang ini berkomitmen," ulas Billboard.

Billboard juga menyoroti lagu-lagu lain dalam album ini, yang dikatakan ahli dalam hal manuver emosi. Pada lagu "Temptations", Billboard mengatakan dawai pizzicato dan brass mengiringi teriakan agar sang kekasih menyerah padanya, suaranya berjalan di garis tipis antara gerah dan mendominasi.

Di lagu “All That Jazz", Billboard mengulas BoA yang terlihat sangat sedih. Aransemen lagunya yang elegan bertemu dengan keadaan kompleks BoA sendiri, yang tercermin dalam piano yang hidup dan gemerlap. "Kedengarannya seperti dia menahan air mata, tetapi ada bagian dimana dia juga berjuang untuk martabat, untuk perasaan bahwa hubungan ini masih berharga", ulas Billboard.

Di akhir ulasannya, dikatakan bahwa apapun yang BoA nyanyikan, suaranya adalah penampilan yang luar biasa, baik dalam keterampilan murni dalam penyampaiannya maupun dalam menangkap gradasi halus dalam suasana hati.

"Tidak ada album K-pop lain tahun ini yang terasa begitu halus, begitu nyata, begitu menyegarkan dalam menggambarkan kapasitas emosi manusia. Dan apa lagi yang bisa Anda minta pada tahun 2020 selain album yang mengingatkan Anda bahwa, terlepas dari semua yang telah terjadi, baik dan buruk, Anda masih di sini, Anda masih hidup," kata Billboard.

BoA debut pada tahun 2000. Dia adalah salah satu artis K-Pop pertama yang menjadi terkenal di luar negeri dan sering disebut berperan besar dalam membantu dikenalnya "hallyu" atau budaya populer Korea.

Penyanyi sekaligus pencipta lagu, produser dan aktris ini dikenal sebagai salah satu artis paling sukses dan berpengaruh di Korea Selatan dan sering disebut Queen of K-Pop.

BoA juga adalah penyanyi Korea pertama yang memuncaki chart terbesar di Jepang, Oricon dengan album studio pertamanya "Listen to My Heart" pada tahun 2002.

Untuk merayakan 20 tahun kiprah artisnya ini, SM juga membuat proyek "Our Beloved BoA", yang ditandai dengan dirilisnya sejumlah lagu BoA yang diremake dan dinyanyikan oleh penyanyi-penyanyi lain seperti Gallant, penyanyi Amerika Serikat yang masuk nominasi Grammy. Dia membawakan remake Bahasa Inggris dari hit "Only One" milik BoA.

Dari SM sendiri Baekhyun EXO membawakan remake hit "Garden In The Air" dan Red Velvet membawakan hit "Milky Way". Sementara artis Korea dari agensi lain yakni Ahn Ji Young dari Bolbbalgan4 (BOL4) membawakan remake "Atlantis Princess". (Lin)

(wd)

Berita Terkait

Rayakan 20 Tahun Karir, BoA Akan Rilis Album Bertajuk Better

TWICE Akan Rilis Better, Single Jepang Tentang Keinginan Bertemu Penggemarnya Secara Langsung

Melihat Rincian Biaya Masuk Boarding School

Rayakan 20 Tahun Debutnya Di Jepang, BoA Rilis Single My Dear

LIGHTSUM Sebut BTS, TWICE, BoA Hingga IU Sebagai Inspirasinya

Oh My Girl Kembali dengan Nonstop, Lagu Yang Terinspirasi dari Board Game

EXO Puncaki Chart iTunes di 46 Negara dengan “Don’t Mess Up My Tempo”

Gol Messi ke Gawang Huesca Mengingatkan pada Jerome Boateng

Taylor Swift Siap Rilis Album Baru Tahun Ini, Usung 17 Lagu

BABYMONSTER bakal Comeback dengan 7 Member

BTS Exhibition Proof Digelar di Jakarta, Cek Harga Tiketnya di Sini

Jimins Production Diary, Cerita di Balik Album FACE

6 Kegiatan Promosi Album Layover V BTS, ARMY Wajib Tahu

V BTS Rilis Album Solo Pertamanya

OMO Jinja! Idol K-Pop Pria Kini Menyukai Fashion Ketat

Hindari Wamil, Member Boy Group Ini Dijatuhi Hukuman Percobaan

November Bergemuruh: 5 Daftar Idol K-Pop yang akan Mengisi Akhir Tahun dengan Comeback

Gibran Gelar Sayembara 100 Tiket Gratis Nonton K-POP Xodiac di Pura Mangkunegaran

Wow! Girlband K-Pop Secret Number bakal Manggung di Solo?

Bijak! Wendy Red Velvet Minta Fans Tak Beli Album Mereka Terlalu Banyak, Begini Alasannya

Love Synonym Wonho Dipilih Genius Korea Sebagai Salah Satu Album Mini K-Pop Terbaik 2020

Neverland WJSN Dipilih Billboard Sebagai Salah Satu Album K-Pop Terbaik 2020

Billboard Pilih Album BLACKPINK dan BTS sebagai Album K-Pop Terbaik 2020

Love Synonym Wonho Dipilih Genius Korea Sebagai Salah Satu Album Mini K-Pop Terbaik 2020

Neverland WJSN Dipilih Billboard Sebagai Salah Satu Album K-Pop Terbaik 2020

Billboard Pilih Album BLACKPINK dan BTS sebagai Album K-Pop Terbaik 2020

Lagi! Stray Kids Puncaki Billboard 200 dengan Maxident

Nayeon TWICE Cetak Sejarah di Billboard 200, Solois K-Pop Pertama yang Tembus Top 10

BTS Pecahkan Rekor 17 Tahun Destinys Child di Billboard Music Awards

Keren! Wajah Danilla Riyadi Terpampang di Billboard Times Square New York

Rekor! All Too Well dari Taylor Swift Jadi Lagu Terpanjang yang Puncaki Billboard HOT 100

Album "Formula of Love: O+T=<3" TWICE Tembus Top 3 Billboard 200, Ranking Terbaik Mereka Sejauh Ini

Berita Lainnya