Rabu , 20 Januari 2021

Libur Nataru, Satgas Covid-19 Tegaskan Masyarakat untuk Disiplin 3M

5 Desember 2020 19:31 WIB


Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito

JAKARTA, solotrust.com – Menyambut masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), Satuan Tugas (Satgas) Penangan Covid-19 secara tegas meminta masyarakat untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak.

Dilansir dari website resmi Satuan Tugas Penangan Covid-19 (www.covid.go.id), temuan kasus konfirmasi positif Covid-19 meningkat sebanyak 6.027 kasus per Sabtu (05/12/2020). Sehingga, tercatat sampai hari ini, total kasus positif secara nasional adalah 569.707 dengan jumlah korban meninggal mencapai 17.589 jiwa.



Hal ini sangat mengkhawatirkan, mengingat setiap harinya kasus konfirmasi positif Covid-19 terus mengalami peningkatkan, bahkan sempat terjadi lonjakan kasus positif Covid-19 tertinggi hingga menyentuh angka 8.369 pada Kamis (03/12/2020) lalu.

Menyikapi hal ini, Satgas Penanganan Covid-19 secara tegas mengingatkan masyarakat untuk disiplin melakukan 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Terlebih menyambut masa libur panjang Hari Natal dan akhir tahun mendatang diharapkan jangan menjadi “musim panen” kasus positif Covid-19.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito melalui keterangan pers perkembangan penanganan Covid-19 di Graha BNPB yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (03/12/2020) lalu, menyampaikan ada beberapa  hal harus diperhatikan untuk mengantisipasi kenaikan kasus.

"Pertama, seluruh kepala daerah diharap untuk mengoptimalisasi penegakkan disiplin terhadap protokol kesehatan. Kedua, masyarakat diminta untuk lebih bijaksana dan sadar untuk meminimalisasi mobilitas dengan tinggal di rumah dan menghindari keramaian," urai Wiku Adisasmito.

Adapun yang terakhir, dikatakan Wiku Adisasmito, dalam mengisi masa libur Natal dan Tahun Baru 2021, terdapat alternatif kegiatan lain yang dapat dipilih tanpa menimbulkan kerumunan, seperti virtual tour ke tempat-tempat wisata, atau stay vacation. Kesadaran dan peran serta semua pihak dibutuhkan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 di Indonesia. (Grace)

(redaksi)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com