Rabu , 20 Januari 2021

Malam Ini, Sruti Respati Meriahkan Solo Keroncong Virtual

5 Desember 2020 15:05 WIB


Sruti Respati (Foto: Instagram-@srutirespati)

SOLO, solotrust.com – Sebagai Kota Budaya, warga Solo tentu sudah tidak asing lagi dengan musik keroncong. Sayangnya, di tengah pandemi Covid-19 sekarang, para penikmat musik tak bisa menyaksikannya secara langsung.

Menyikapi kondisi itu, Dinas Pariwisata Kota Solo berinisiatif menggelar pertunjukan musik keroncong secara virtual, Sabtu (05/12/2020) pukul 19.30 WIB. Dilansir dari akun Instagram @pariwisatasolo, acara yang akan dimeriahkan Sruti Respati sebagai salah satu penyanyi keroncong asal Solo ini akan disiarkan langsung melalui channel YouTube Pariwisata Solo dan surakarta.go.id.



"Musik keroncong, musik dengan sentuhan tradisionalnya yang bisa menyatukan dan menghibur semua kalangan penikmat musik," tulis akun Instagram @pariwisatasolo.

"Yuk saksikan! Solo Keroncong Virtual yang dimeriahkan oleh @srutirespati," lanjut akun tersebut mengabarkan pengisi acara.

Kota Solo yang melahirkan banyak musisi keroncong terkenal, seperti Waldjinah, WS Nardi, hingga Gesang, pencipta lagu Bengawan Solo, menjadi rumah bagi musik keroncong. Meskipun bukan merupakan asal dari musik tradisional itu, namun musik keroncong sudah menjadi bagian dari Kota Solo.

Di tengah kemajuan sangat pesat ini, masih banyak musisi Solo melestarikan musik keroncong, seperti Endah Laras, Sruti Respati hingga Mustiko Woro, putri Endah Laras yang baru-baru ini lolos audisi Indonesian Idol Special Season yang tayang di RCTI. Hal ini membuktikan bagaimana musik keroncong dan Kota Solo merupakan satu kesatuan yang tak dapat dipisahkan.

Dengan adanya acara Solo Keroncong Virtual, diharapkan masyarakat khususnya warga Solo semakin mencintai budaya tradisional agar menjadi daya tarik tersendiri bagi Kota Bengawan, sehingga mampu menguatkan identitas Solo sebagai Kota Budaya.(Dhika)


(redaksi)
  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com