Hard News

Amankan Debat II Pilkada Solo, Polisi Terjunkan 250 Personel Gabungan

Jateng & DIY

2 Desember 2020 16:15 WIB

Kapolresta Solo, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak saat melakukan pengecekan lokasi debat publik II di Grha TA Media Group, Rabu (02/12/2020).

SOLO, solotrust.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Solo bakal kembali menggelar debat antarpasangan calon (Paslon) wali kota dan wakil wali kota Solo dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak pada 3 Desember 2020 pukul 19.30 WIB. Terkait itu, Polresta Solo bakal menerjunkan 250 personel gabungan.

Petugas gabungan ini, menurut Kapolresta Solo, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, terdiri atas unsur Satbrimob Polda Jawa Tengah (Jateng), Ditsamapta Polda Jateng, serta personel TNI Kodim 0375 Solo.



"Personel gabungan ini akan diturunkan langsung dalam pengamanan debat terbuka pilkada tahap II," ungkapnya kepada solotrust.com, saat ditemui di sela pengecekan lokasi debat publik II di Grha TA Media Group, Rabu (02/12/2020).

Sementara terkait pengamanan di lokasi acara, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak mengatakan, pengamanan nantinya akan dibagi menjadi tiga ring. Adapun ring satu di lokasi berlangsungnya debat, yakni Studio 1 TATV, sementara ring dua di area akses lift menuju lokasi debat.

"Ring tiga di area masuk akses menuju stasiun televisi TATV," tambah dia.

Pada pengamanan debat publik II Kamis besok, Polresta Solo juga akan menurunkan tim mobiling gabungan. Tim ini terdiri atas personel dari Polresta Solo, TNI, Satbrimob Polda Jateng, Ditsamapta Polda Jateng, serta Satpol PP.

Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak menyatakan, tim mobiling gabungan akan berkeliling di kawasan Kota Solo guna melakukan pemantauan kerumunan massa. Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan berbagai pihak, di antaranya masing-masing pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Solo, ketua tim pemenangan, maupun ketua partai politik pengusung untuk tidak mengerahkan masa pendukung.

"Jadi mari kita sama-sama mematuhi aturan main yang berlaku sesuai PKPU (Peraturan KPU) Nomor 13 Tahun 2020," seru Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak.

"Kita berharap semua dalam satu visi untuk mewujudkan Pilkada Solo yang aman dan damai, sejuk dan tentunya sehat," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Solo, Nurul Sutarti, mengatakan debat antarpasangan calon (Paslon) wali kota dan wakil wali kota bakal digelar pada 3 Desember 2020 pukul 19.30 WIB yang disiarkan langsung TATV. Adapun tema yang diusung dalam debat, yakni Memajukan Surakarta sebagai Kota Budaya yang Inovatif dalam Keberagaman melalui Kolaborasi dan Penguatan Civil Society.

"KPU sudah bekerja sama dengan media partner TATV dan tentunya tetap akan menerapkan protokol kesehatan," ungkapnya, saat ditemui di Studio TATV, Senin (30/11/2020).

Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwakot) Solo 2020 diikuti dua pasangan calon, yakni Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa yang diusung Partai Demokrasi Indonesia (PDIP) Perjuangan dan Bagyo Wahyono-FX Supardjo (Bajo) dari jalur independen. (and)

(redaksi)

Berita Terkait

Berita Lainnya