Rabu , 20 Januari 2021

Fenomena Gerhana Bulan Penumbra Terjadi Akhir Bulan Ini

27 November 2020 15:31 WIB


Bulan (Foto: BMKG)

Solotrust.com - Satu lagi fenomena alam, gerhana bulan penumbra akan terjadi akhir bulan ini. Seluruh proses gerhana dapat dilihat di sebagian besar Amerika Utara dan Samudra Pasifik.

Gerhana bulan sendiri merupakan peristiwa terhalanginya cahaya matahari oleh bumi sehingga tidak semuanya sampai ke bulan. Peristiwa yang merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi matahari, bumi, dan bulan ini hanya terjadi pada saat fase purnama dan dapat diprediksi sebelumnya.



Melansir laman resmi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, bmkg.go.id, Jumat (27/11/2020), gerhana bulan penumbra terjadi saat posisi bulan-matahari-bumi tidak persis sejajar.

"Hal ini membuat bulan hanya masuk ke bayangan penumbra bumi. Akibatnya, saat gerhana terjadi, bulan akan terlihat lebih redup dari saat purnama," jelas BMKG di laman resminya.

Adapun gerhana matahari adalah peristiwa terhalangnya cahaya matahari oleh bulan sehingga tidak semuanya sampai ke bumi dan selalu terjadi pada saat fase bulan baru.

Seluruh proses gerhana, menurut BMKG dapat dilihat di sebagian besar Amerika Utara dan Samudra Pasifik. Proses gerhana pada saat bulan terbit dapat diamati di Australia, sebagian besar Asia bagian Timur, dan sebagian kecil Samudra Hindia.

"Proses gerhana pada saat bulan terbenam dapat diamati di sebagian besar Amerika bagian Selatan, Samudra Atlantik bagian Utara, dan sebagian kecil Eropa. Gerhana ini tidak akan dapat diamati di seluruh Afrika, sebagian besar Eropa, sebagian besar Asia bagian Barat, sebagian besar Samudra Hindia bagian Barat, dan sebagian besar Samudra Atlantik bagian Selatan," ungkap BMKG.

Gerhana bulan penumbra 30 November 2020 merupakan anggota ke-58 dari 73 anggota pada seri Saros 116. Gerhana bulan sebelumnya yang berasosiasi dengan gerhana ini adalah gerhana bulan penumbra 20 November 2002. Adapun gerhana bulan mendatang yang berasosiasi dengan gerhana bulan ini adalah gerhana bulan penumbra 11 Desember 2038.

(redaksi)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com