Kamis , 13 Mei 2021

Sambut MotoGP 2021, Pemuda Mandalika Didorong Tumbuhkan Minat Kewirausahaan

17 November 2020 11:31 WIB


Alternatif livery Mandalika Racing Team MotoGP 2021 (Foto: Instagram-@motogpmandalika)

JAKARTA, solotrust.com - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali mendorong penumbuhan minat kewirausahaan pemuda di Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Pemuda dinilai memiliki peran strategis di masa mendatang, apalagi ketika akan berhadapan dengan bonus demografi. 

“Kita akan berhadapan dengan bonus demografi. Kewajiban kita untuk mempersiapkan pemuda, sebab bonus demografi harus dimanfaatkan dengan baik. Kemenpora bersungguh-sungguh untuk mendorong program atau kegiatan yang jelas kemanfaatannya buat masyarakat,” kata Menpora, saat membuka kegiatan penumbuhan minat kewirausahaan di kalangan pemuda Mandalika dari Situation Room, Kemenpora, Jakarta, Senin (16/11/2020), dilansir dari laman resmi Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, kemenpora.go.id.



Mandalika merupakan salah satu kawasan wisata super prioritas. Pada tahun depan, MotoGP akan terwujud. Sirkuit Mandalika masuk dalam daftar cadangan untuk MotoGP 2021. Terkait itu, masyarakat setempat harus bersiap menyambut ajang bergengsi itu. 

“Kemenpora memandang pemuda memiliki peran yang strategis untuk penumbuhan minat kewirausahaan. Kaitan dengan Kemenpora saja misalnya, kalau tidak ada halangan, akan ada kegiatan MotoGP tahun depan. Event balapan tingkat dunia akan dilaksanakan, diikuti dari berbagai peserta negara dan disiarkan langsung dari penjuru dunia,” ujar Zainudin Amali. 

“Untuk itu, masyarakat di sana harus siap. Orang yang nantinya datang ke sana harus nyaman dan aman. Kami harap Mandalika bisa menerima manfaat dari kegiatan ini. Jangan sampai orang datang ada kegiatan balap motor tingkat dunia, tetapi mereka nginap di tempat lain. Para pemuda harus siap menyongsong Mandalika sebagai tempat super prioritas,” sambungnya. 

Menyukseskan kegiatan itu, perlu adanya sinergi pemerintah pusat dengan pemerintah daerah dan stakeholder lainnya.

“Oleh karena itu, para peserta yang mengikuti kegiatan ini harus serius mengikutinya karena ini merupakan kesempatan yang langka. Sekali lagi, saya harap para pemuda bisa terus mengembangkan minat kewirausahaannya,” tambah Menpora. 

Hal sama juga dikatakan Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora, Asrorun Niam Sholeh. Kegiatan yang diselenggarakan ini merupakan salah satu tugas pemerintah untuk menumbuhkan minat kewirausahaan.

“Salah satu destinasi prioritas adalah Mandalika. Kegiatan ini hadir untuk mengoptimalkan pengembangan dan diharapkan menumbuhkan jiwa kewirausahaan. Kita harap partisipasi peserta untuk mengambil manfaat kegiatan ini. Harus ada sinergi di antara pemangku kepentingan,” jelas Deputi Asrorun Niam. 

(redaksi)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com