Minggu , 29 November 2020

Selamat! Joan Mir Juara Dunia MotoGP ™ 2020

16 November 2020 11:39 WIB


Joan Mir berhasil menyandang gelar Juara Dunia MotoGP ™ 2020 (Foto: motogp.com)

Solotrust.com - Pembalap Tim Suzuki Ecstar Joan Mir sukses menyegel gelar juara dunia MotoGP ™ 2020, Minggu (15/11/2020) malam WIB. Capaian itu tak lepas dari penampilan apiknya yang berhasil mengemas enam podium dan satu kemenangan di GP Eropa.

Melansir laman resmi MotoGP, motogp.com, jalan Mir menuju kejayaan dimulai di Red Bull MotoGP Rookies Cup pada 2013, di mana ia naik podium sebagai rookie. Mir bergabung dengan Moto3 ™ secara penuh pada 2016 dan langsung tampil mengesankan. Selanjutnya, ia mencoba naik ke kelas Moto2 ™ bergabung dengan tim EG 0,0 Marc VDS. Sebagai rookie di kelas menengah, pembalap Spanyol itu terus tampil mengesankan dengan meraih empat podium dan mengakhiri musim di urutan keenam.



Kesuksesannya telah menarik perhatian Suzuki dan pabrikan Hamamatsu menawarinya kursi di MotoGP ™ untuk tahun berikutnya. Mir diterima dan bergabung di kelas premier pada 2019.

Debutnya di GP Qatar musim 2019, Joan Mir tampil cukup mengesankan dengan finis di posisi kedelapan. Di seri Mugello, pemilik nomor 36 kembali mengemas poin dengan finis di urutan ke-12, dan di Catalunya ia berhasil menempati posisi keenam.

Aksi impresifnya sempat berakhir di Brno di mana Mir mengalami kecelakaan pada tes pascabalapan di Republik Ceko yang memaksanya absen dari Grand Prix Austria dan Inggris.

Sekembalinya di Misano, Mir mulai mencetak kesuksesan lagi dan mengakhiri musim tanpa DNF alias gagal finis.

Dalam tes pramusim 2020, Mir dan Suzuki berdialog intensif ketika pabrikan Hamamatsu menunjukkan kinerja mengesankan. Mengawali musim di Jerez, Suzuki menjalani kompetisi pedana cukup sulit di mana Mir tersingkir di GP Spanyol. Kali berikutnya, pembalap Spanyol itu berhasil menempati posisi kelima untuk mendapatkan beberapa poin di papan klasemen. Namun, hasil apik itu tak diikuti dengan performa gemilang di Brno lantaran Mir mengalami DNF.

Namun, dari Austria dan seterusnya, semuanya berjalan mulus. Podium pertama MotoGP ™ di tempat kedua mengawali performa impresifnya di Stryian GP. Mir kembali meraih tiga podium berturut-turut di San Marino, Emilia Romagna, dan Catalan GPs.

Di MotorLand, Mir kembali naik podium. Sementara di Valencia, Mir cukup konsisten dalam laga sehingga mampu mengemas 25 poin untuk merengkuh trofi juara MotoGP ™. Adapun pada Minggu kemarin, mengawali balapan dari urutan 12, Mir langsung tancap gas merangsek ke posisi sepuluh besar. Mir pun terus berusaha konsisten hingga mampu finis ketujuh dan menobatkan dirinya sebagai Juara Dunia MotoGP ™ 2020.

(redaksi)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com