Hard News

BNPB Hadapi Serius Ancaman Gunung Merapi di Tengah Pandemi Covid 19

Sosial dan Politik

16 November 2020 08:58 WIB

Deputi Bidang Pencegahan, Lilik Kurniawan.

YOGYAKARTA, solotrust.com- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melihat kondisi Gunung Merapi yang berstatus siaga level sebagai kasus serius. Pihaknya kini tengah memetakan tiga elemen penting menghadapi bencana erupsi Merapi, diantaranya pengungsian, sirine Merapi serta jalur evakuasi.

Hal itu disampaikan Deputi Bidang Pencegahan, BNPB, Lilik Kurniawan saat memberi keterangan di kantor BPBD DIY.



Menurut Lilik, kondisi Merapi menjadi perhatian serius pihaknya termasuk pandemi covid 19. Sejumlah kementerian sudah hadir di Yogyakarta untuk memantau langsung perkembangan dampak dari kenaikan status Gunung Merapi.

Tiga hal penting yang kini menjadi perhatian BNPB adalah kondisi barak pengungsian dan pencegahan penyebaran covid 19, sistem peringatan dini dan sistem informasi kebencanaan, serta jalur-jalur evakuasi penunjang keselamatan evakuasi.

“Kami di tingkat pusat serius terkait dengan kesiap siagaan darurat untuk ancaman Merapi.” Kata Lilik.

Lilik menambahkan, pihaknya juga mengingatkan bahwa semua bentuk informasi berada satu sumber, yaitu Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG). Hal ini bertujuan menangkal adanya kabar-kabar yang tidak jelas dan meresahkan tersebar di masyarakat. (adam)  

(wd)