Serba serbi

Kapolda Jateng: Penanganan Penanggulangan Merapi Harus Disertai Protokol Kesehatan

Kesehatan

11 November 2020 13:41 WIB

Kapolda Jawa Tengah, Irjen Polisi Ahmad Luthfi.

KLATEN, solotrust.com- Polres Klaten dan Polda Jateng telah menerjunkan 420 personil guna antisipasi Gunung Merapi yang telah ditetapkan statusnya menjadi level III atau siaga pada Kamis  (5/11/2020) lalu.  

Kapolda Jawa Tengah, Irjen Polisi Ahmad Luthfi memastikan sarana prasarana penanggulangan bencana Merapi siap.



“Kalau sekarang situasinya siaga, jajaran Polres Klaten telah menerjunkan  400-an anggota dalam pengamanan ini,” kata Luthfi usia peninjauan ke wilayah Polres Klaten, Rabu (11/11) siang.

Kapolda pun menekankan agar penanganan juga harus memerhatikan protokol kesehatan.

"Penanganan kesehatan tentu yang utama baik masyarakat, petugas kesehatan maupun personil, semua harus terapkan protokol kesehatan." ucap Kapolda

Sarana prasarana kesehatan di lokasi pengungsian pun tidak luput dari pantauan Kapolda. Ia berpesan agar personil Kedokteran dan Kesehatan (Dokkes) bersama dengan Dinas Kesehatan terkait dapat menjamin kesehatan pengungsi di tengah ancaman berbagai jenis penyakit akibat cuaca hingga covid-19.

“Teman-teman pengungsi hampir ada 109, ada bapak-bapak lansia harus kita utamakan kesehatan, personil harus pakai protokol kesehatan saat mengamankan untuk mencegah timbulnya klaster baru covid-19,” ujar Kapolda.

Irjen  Luthfi juga berpesan kepada 420 personil Polri di Klaten untuk bekerjasama dengan relawan yang lebih mengenali medan.

(wd)