Senin , 30 November 2020

Seram! Foto Penampakan Matahari Seperti Jack O Lantern Halloween

31 Oktober 2020 11:31 WIB


Penampakan matahari menyerupai wajah Jack O Lantern (Foto: NASA)

Solotrust.com - NASA lewat laman resminya, nasa.gov, baru saja membagikan foto penampakan matahari cukup menyeramkan. Pusat tata surya itu tampak menyala dengan jilatan-jilatan api berwarna merah kekuningan.

Hasil jepretan kamera memperlihatkan zona gelap dan terang pada matahari semakin menambah kesan seram. Bahkan, jika diamati secara saksama, wujud matahari dalam foto lebih menyerupai Jack O Lantern yang identik dengan perayaan Halloween.



NASA sengaja merilis foto eksklusif itu dalam rangka perayaan Hari Halloween yang jatuh pada 31 Oktober. Perayaan Halloween biasa dilakukan warga Amerika Serikat maupun beberapa negara lain.

“Kombinasi daerah aktif di matahari terlihat seperti wajah Jack O Lantern pada saat dipotret pada 8 Oktober 2014,” tulis NASA di laman resmi mereka mengenai foto tersebut, dikutip Sabtu (31/10/2020).

“Daerah yang aktif tampak lebih cerah karena itu adalah daerah yang memancarkan lebih banyak cahaya dan energi, penanda dari sekumpulan medan magnet yang intens dan kompleks melayang di atmosfer matahari atau korona,” tambah NASA memberi penjelasan.

NASA menyatakan foto matahari mirip wajah Jack O Lantern itu bukanlah hasil jepretan mentah, melainkan sudah dilakukan modifikasi pewarnaan dan lainnya.

“Gambar (foto) ini memadukan dua set panjang gelombang pada 171 dan 193 angstrom, dimodifikasi dengan warna emas dan kuning untuk menciptakan penampakan seperti Halloween,” ungkap Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat.

Foto tersebut merupakan hasil perpaduan dari 171 dan 193 angstrom light seperti yang ditangkap oleh Solar Dynamics Observatory. (and)

(redaksi)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com