Hard News

Sambut Hari Sumpah Pemuda ke-92, Kemenpora RI Umumkan Pasangan Muda Inspiratif dan Berprestasi

Hard News

26 Oktober 2020 15:31 WIB

Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) menggelar acara Pemilihan Pasangan Muda Inspiratif dan Berprestasi tahun 2020 (Dok. Istimewa/kemenpora.go.id)

JAKARTA, solotrust.com - Menyambut Hari Sumpah Pemuda ke-92 tahun 2020, Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) menggelar acara Pemilihan Pasangan Muda Inspiratif dan Berprestasi 2020. Pengumuman pemenang dilaksanakan Sabtu, (24/10/2020) malam di Studio Teelevisi Republik Indonesia (TVRI).  

Pasangan Muda Inspiratif dan Berprestasi adalah akumulasi dari semangat pemuda dalam mengembangkan potensi diri guna merintis jalan, melakukan terobosan, menjawab tantangan, dan memberikan jalan keluar atas pelbagai masalah dilandasi sikap dan jiwa kesukarelawanan. Perilaku menjadi suatu karya nyata yang berkualitas dan dilaksanakan secara konsisten, menginspirasi bagi lingkungan sosial-masyarakat serta diakui oleh pelbagai pihak.



Setelah melalui proses pemilihan dan seleksi yang cukup ketat, akhirnya Kemenpora RI bersama para juri telah memilih tiga pemenang Pasangan Muda Inspiratif dan Berprestasi. Mereka yakni Sulthan Alfathir-Anik Haryanti asal Jawa Timur terpilih sebagai juara pertama mendapatkan Rp20 juta. Juara kedua terpilih pasangan muda asal Jawa Tengah Erwin Dwi Nurpermadi-Ana (Rp 15 juta), dan peringkat ketiga terpilih pasangan asal Nusa Tenggara Barat (NTB), Muhammad War'i-Finayatul Maula (Rp 10 juta).

Pemilihan pasangan muda inspiratif dan berprestasi diharapkan mampu menjadikan pemuda sebagai sosok yang menginspirasi bagi lingkungan sosial masyarakat, memiliki semangat konsisten dalam berkarya, serta mampu memecahkan berbagai masalah kebangsaan dan ke-Indonesiaan.

Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora RI yang juga Ketua Pelaksana Hari Sumpah Pemuda ke-92 tahun 2020, Asrorun Niam Sholeh, menyampaikan kegiatan ini sebagai salah satu ikhtiar dari Kemenpora untuk melakukan penguatan dan juga pengembangan kepemimpinan di kalangan kaum muda, khususnya kepemimpinan berbasis keluarga. 

"Pada hakikatnya keluarga adalah entitas terkecil dari pembentuk suatu komunitas masyarakat. Ketika kepemimpinan di level yang terkecil memiliki kekuatan dan ketahanan, memiliki inspirasi untuk kepentingan peergroup (komunitas) diharapkan akan muncul kekuatan ketahanan di tingkat nasional," ujarnya, dilansir dari laman resmi Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, kemenpora.go.id, Senin (26/10/2020). 

Lanjut Niam, salah satu fungsi penting dalam pengembangan kepemudaan adalah mengembangkan kepeloporan, kepemimpinan, dan kewirausahaan.

“Kaum muda harus menjadi tulang punggung dalam menggerakkan kesadaran masyarakat, tidak ada sejarah perubahan tanpa peran kaum muda, dalam setiap fase perubahan di sana ada peran pemuda yang mempunyai bakat, inovasi, dan keberanian,” jelasnya.

(redaksi)