Kamis , 3 Desember 2020

Monsta X Ajukan Someones Someone, Love U dan Album All About Luv untuk Grammy Awards 2021

23 Oktober 2020 08:09 WIB


Monsta X dalam "All About Luv" (Dok. Starship Entertainment)

Solotrust.com- Monsta X mengajukan album berbahasa Inggris pertamanya "All About Luv" dan dua lagu di dalamnya yakni "Someone's Someone" dan "Love U" untuk Grammy Awards 2021. Hal ini diketahui dari cuitan Natalie Nicole, anggota voting Grammy, yang juga seorang penulis lagu pada 17 Oktober 2020.

Secara lebih detail, "All About Luv" diajukan untuk kategori Best Pop Vocal Album, "Someone's Someone" diajukan untuk kategori Best Music Video dan Best Pop Duo, sementara "Love U" untuk kategori Producer of the Year, Non-Classical.



"Someone's Someone" adalah lagu ballad pop dengan harmoni yang tersampaikan dengan cara yang indah oleh para anggota Monsta X. Lagu dengan irama yang lembut dan merdu ini diciptakan oleh Connor McDonough, Riley McDonough, Toby McDonough, Jeff Sojka, dan Josh Zegan.

Melihat liriknya, lagu ini tidak hanya berbicara tentang "ingin menjadi seseorang untuk seseorang (someone's someone)" dalam konteks hubungan yang romantis, namun juga bisa terkait dengan hubungan dengan teman, keluarga, atau seperti idola dan penggemarnya.

MV untuk lagu ini direkam di Los Angeles, dengan suasana yang tenang dan nyaman. Latar belakangnya juga memperlihatkan suasana malam hujan, yang membangkitkan emosi. MV itu disutradari oleh Nicholas Lam.

Sementara itu "Love U" adalah lagu dengan vibe ceria dengan ketukan pop bubblegum. Lagu ini diciptakan oleh Andrés Torres, Torrey, Mauricio Rengifo, dan Michael Matosic.

Monsta X pertama kali memulai aktivitas penuhnya di AS dengan tur dunia pada tahun 2017. Setelah itu mereka muncul di berbagai festival, program radio dan TV di sana. Mereka kemudian merilis album Berbahasa Inggris penuh pertama "All About Luv" pada 14 Februari 2020.

"All About Luv" telah melampaui 100 juta kali streaming di Spotify. Album ini berfokus pada cinta, dari keindahannya hingga patah hatinya. Album ini dahului oleh 4 single promosi yakni "Who Do U Love?" ft French Montana, "Love U", "Someone's Someone", dan "Middle of the Night".

Lagu-lagu lain dalam album ini adalah "Happy Without Me", "Got My Number", "She's The One", "You Cant Hold My Heart", "Misbehave", "Beside U" ft. Pibull, "Who Do U Love" remix (ft. French Montana & will.i.am), dan "Beside U" (I.M rap ver) ft Pitbull.

Semua anggota Monsta X yakni Shownu, Wonho, Kihyun, Minhyuk, Hyungwon, Jooheon dan I.M (Im Changkyun) juga terlibat dalam pembuatan lagu-lagunya, seperti dalam "Who Do U Love?" dan "Middle of the Night".

Album itu berhasil masuk chart Billboard 200, yakni di peringkat ke-5 pada Februari lalu, yang merupakan capaian pertama mereka. Dengan raihan itu Monsta X menjadi artis ketiga K-Pop yang berhasil masuk 5 besar chart Billboard 200, setelah BTS dan SuperM.

Begitu dirilis, album itu juga memuncaki chart iTunes di berbagai negara seperti Indonesia, Saudi Arabia, Rusia, Ukraina, Brazil, Chile, Finlandia, dan India.

Berdasarkan keterangan Grammy via lamannya, proses Grammy Awards dimulai dengan anggota dan perusahaan rekaman yang mengirimkan entri, yang kemudian disaring untuk kelayakan dan penempatan kategori.

Semua anggota voting Grammy terlibat dalam proses kreatif dan teknis pencatatan, yang kemudian berpartisipasi dalam proses nominasi yang menentukan lima finalis di setiap kategori dan proses voting akhir yang menentukan pemenang Grammy.

Secara lebih detail, ada sejumlah tahapan yang harus dilalui. Tahap pertama adalah anggota Recording Academy (Grammy) dan perusahaan rekaman mengajukan rekaman dan video musik (MV) yang rilis di tahun yang ditentukan, yang mereka anggap layak mendapatkan pengakuan dalam proses Grammy Awards.

Proses selanjutnya adalah screening, yakni sesi peninjauan (review) yang dilakukan oleh lebih dari 350 ahli di berbagai bidang. Ini dilakukan untuk memastikan bahwa rekaman yang dimasukkan memenuhi kualifikasi tertentu dan telah ditempatkan di bidang yang sesuai seperti Rock, R&B, Jazz, Country, Gospel, New Age, Rap, Klasik dan Latin.

Tujuan screening ini bukan untuk membuat penilaian artistik atau teknis tentang rekaman, melainkan untuk memastikan bahwa setiap entri memenuhi syarat dan ditempatkan dalam kategori yang sesuai.

Proses selanjutnya adalah nominating. Surat suara putaran pertama dikirim ke anggota voting dengan reputasi baik. Untuk membantu memastikan kualitas voting, anggota diarahkan untuk memilih hanya dalam bidang keahlian mereka. Mereka dapat memilih hingga 15 kategori di bidang genre ditambah empat kategori Bidang Umum (Record Of The Year, Album Of The Year, Song Of The Year dan Best New Artist). Surat suara ditabulasi oleh kantor akuntan independen dari Deloitte.

Ada juga tahap yang disebut Special Nominating Committees (Komite Nominasi Khusus). Dalam kategori kerajinan (craft) dan khusus lainnya, nominasi akhir ditentukan oleh komite peninjau nominasi nasional yang terdiri dari anggota voting dari semua kota.

Tahap selanjutnya adalah Final Voting. Surat suara putaran final dikirim ke anggota pemungutan suara dengan reputasi baik. Para finalis yang ditentukan oleh panitia khusus nominasi juga termasuk dalam pemungutan suara ini. Di babak final ini, anggota Recording Academy dapat memberikan suara hingga 15 kategori di bidang genre ditambah empat kategori Bidang Umum (Record Of The Year, Album Of The Year, Song Of The Year dan Best New Artist). Pemungutan suara ini kembali ditabulasikan oleh kantor akuntan independen Deloitte.

Tahap terakhir adalah hasil.

Hasil pemungutan suara anggota tidak diketahui sampai upacara penyerahan Grammy Awards, ketika nama-nama pemenang disampaikan oleh Deloitte dalam amplop tertutup. Pemenang Grammy Award diumumkan selama siaran Grammy Awards.

Berdasarkan keterangan Grammy via lamannya pada 21 Oktober 2020, nominasi Grammy ke-63 tahun 2021 akan diumumkan pada 24 November mendatang via siaran streaming. Presiden Recording Academy Harvey Mason Jr. akan bergabung dengan pemenang Grammy sebelumnya, nominasi dan calon dari berbagai lokasi di seluruh dunia untuk mengungkapkan nominasi untuk 84 kategori. Grammy Awards sendiri akan berlangsung pada 31 Januari 2021. (Lin)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com