Selasa , 1 Desember 2020

Mulai Hari Ini, Nikon Setop Operasi di Indonesia

22 Oktober 2020 16:35 WIB


Ilustrasi Nikon (Sumber: Instagram-@nikonindonesia)

Solotrust.com - PT Nikon Indonesia memutuskan menghentikan layanan operasionalnya di Tanah Air. Perusahaan yang bermain di industri fotografi ini mulai Kamis (22/10/2020), resmi menutup aktivitasnya di pasar Indonesia setelah delapan tahun beroperasi.

Kabar tutupnya operasional PT Nikon Indonesia diungkapkan pihak perusahaan melalui akun Instagram resmi mereka, @nikonindonesia, Rabu (21/10/2020).



"Setelah hampir delapan tahun perjalanan Nikon Indonesia, kami informasikan bahwa hari ini tanggal 21 Oktober 2020 adalah hari terakhir Imaging Division PT Nikon Indonesia beroperasi di Indonesia," demikian keterangan Nikon Indonesia di laman Instagram.

Kendati tak lagi beroperasi, namun PT Nikon Indonesia menyatakan akan tetap memberikan layanan dan dukungan kepada pelanggan. Pihak perusahaan akan mengintegrasikan seluruh kegiatan penjualan, pemasaran, dan layanan ke distributor resmi mereka, yakni PT Alta Nikindo.

"Kami akan tetap memberikan layanan dan support (dukungan-red) terbaik kepada para pengguna Nikon di Indonesia dengan mengintegrasikan seluruh kegiatan sales, marketing, dan service ke PT Alta Nikindo selaku distributor resmi Nikon di Indonesia," ungkap pihak perusahaan di akun Instagram resminya.

Sejauh ini PT Nikon Indonesia tak menyebutkan alasan perusahaan menghentikan layanannya di Indonesia. Disinyalir, tutupnya brand besar asal Tokyo, Jepang itu tak lepas dari lesunya pasar kamera beberapa tahun terakhir.

Sebagaimana dikatakan akun Instagram @rdpvisual, Nikon Indonesia terpaksa menutup bisnisnya di Indonesia tak lain merupakan bagian dari strategi perusahaan dalam rangka efisiensi.

"Nikon mengalami kerugian usaha secara global selama beberapa tahun terakhir. Industri kamera memang sedang dalam kondisi downtrend saat ini," tulis akun @rdpvisual mengomentari tutupnya PT Nikon Indonesia.

Sementara akun Instagram @damsimanjuntak menyebut Nikon Imaging Division telah kehilangan $650m pendapatan akibat kehilangan pangsa pasar. Pada 2019-2020, pangsa pasarnya tinggal 14 persen untuk compact camera dan 20 persen ILC. (and)

(redaksi)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com