Senin , 30 November 2020

PMI Solo Siapkan Plasma Konvalesen Bantu Pasien Covid-19

21 Oktober 2020 17:36 WIB


dr. Kunti dewi Saraswati menunjukan alat donor plasma

SOLO, solotrust.com - Palang merah Indonesia (PMI ) cabang kota Solo telah siap menyediakan Plasma Konvalesen untuk membantu penyembuhan pasien covid-19 dengan cara memberikan Plasma darah atau terapi Plasma Konvalesen.

Hal tersebut diungkapkan kepala  Unit Donor Darah PMI Solo dr. Kunti dewi Saraswati. Dikatakannya sejauh ini sudah dilakukan pendonoran plasma  Konvalesen untuk membantu   penyembuhan pasien  covid-19 sebanyak sembilan kali,  yakni tujuh kali di RS Universitas Sebelas Maret ( UNS ) dan di RSUD Moewardi solo dua kali dengan RS dr Suraji Tirtonegoro Klaten. Hal ini mendapat dukungan badan penelitian dan pengembangan  kesehatan (Balitbangkes)  Kementrian Kesehatan Republik Indonesia untuk  jadi bahan diskusi.



 “Dengan  memberikan terapi Plasma  Konvalesen ini, untuk meningkat  anti bodi pasien   melawan Virus Covid yang ia derita,” ungkap dr. Kunti dewi Saraswati saat berada di kantor PMI Solo.

Sementara itu, CEO PMI Solo, Sumartono Hadinoto mengatakan, plasma yang digunakan untuk terapi pasien COVID-19 berbeda dengan biasanya. Donor adalah pasien yang sudah sembuh dari COVID-19.

Di Samping itu Sumartono menyebutkan karena sudah ada alat yang memadai maka PMI Kota Solo siap melayani penyediaan plasma bekerjasama dengan  Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit pasien yang  menjadi tempat dirawat. Sehingga PMI Solo siap melayani 24 jam  bagi warga  yang ingin mendonorkan Plasma Konvalesen.

“Kami sejak awal sudah bekerjasama dengan UNS maupun RSUD Moewardi, bahkan  kemarin sudah ada Balitbangkes melihat bahwa terapi Konvalesen ini menjadi salah satu alternatif untuk terapi pasien Covid,” Pungkas Sumartono.

Disamping itu, Sumartono juga mengatakan Plasma tersebut bisa di simpan selama satu tahun dengan cara dibekukan, oleh karena itu dirinya mengajak para pasien yang sembuh dari Covid untuk bersedia mendonorkan Plasma, tentunya melalui screening Protokol Kesehatan. (elv)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com