Ekonomi & Bisnis

Wow! HUT ke-278 Kota Solo, Omzet UMKM Meningkat Setiap Bulan

Ekonomi & Bisnis

1 Maret 2023 12:43 WIB

Ilustrasi

Solotrust.com- Salah satu Platform penjualan digital ini melalui inisiatif Hyperlocal terus mendorong pemerataan ekonomi nasional secara digital di berbagai wilayah di Indonesia. Salah satu langkah yang dilakukan adalah bekerja sama dengan mitra strategis demi mendorong pemulihan ekonomi nasional termasuk di Kota Solo. 
 
Memperingati HUT Kota Solo, mereka menemukan sejumlah temuan menarik terkait kenaikan jumlah transaksi di Kota Solo, melalui berbagai fitur dan kampanye yang dihadirkan Tokopedia seperti Waktu Indonesia Belanja (WIB) dan fitur Dilayani Tokopedia. Jumlah kenaikan transaksi WIB Kota Solo naik hampir 2,5x lipat pada periode Januari 2023 dibandingkan 2022. 
 
 “Jumlah transaksi yang menggunakan layanan Dilayani Tokopedia di Kota Solo juga naik lebih dari 2,5 kali lipat pada 2022 dibandingkan 2021. Kenaikan juga terjadi pada jumlah penjual yang memanfaatkan layanan Dilayani Tokopedia di Kota Solo sebesar lebih dari 2x lipat pada periode 2022 dibanding 2021.” kata Head of External Communications Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya
 
Data internal mencatat Kecamatan Pasar Kliwon, Jebres, Laweyan, Banjarsari dan Serengan menjadi kecamatan dengan kenaikan transaksi tertinggi di Kota Solo selama periode 2022 dibanding 2021. 
 
 
The Daily Smith, Buktikan Produk Kulit Sintetis Bisa Bersaing
 
The Daily Smith, merupakan salah satu contoh pelaku UMKM asal Solo yang telah merasakan dampak positif setelah mengikuti beragam inisiatif Hyperlocal Tokopedia. 
 
Berangkat dari keresahan pemilik usaha The Daily Smith, Deny Setiawan pada tahun 2017 lalu kesulitan mencari penjahit yang bisa memperbaiki tas kulit miliknya. Dari keresahan tersebut, muncul ide untuk bisa memproduksi tas kulit sendiri berbahan kulit sintetis yang berkualitas tinggi namun dengan harga yang terjangkau. 
 
Selain itu, demi meningkatkan penjualan, Deny pun memanfaatkan berbagai fitur dan kampanye seperti Flash Sale dan Top Ads. 
 
“Hampir 40% omzet penjualan produk kami berasal dari transaksi di Tokopedia,” ucap Deny.
 
 
Ella Beauty Store, Produk Perawatan Kecantikan Lokal yang Ramah bagi segala Kalangan 
 
Inisiatif Hyperlocal Tokopedia juga memberikan dampak baik bagi UMKM asal Solo lainnya seperti Ella Beauty Store. Usaha produk perawatan kecantikan yang mengusung konsep skin friendly ingredients, nanotechnology formulation dan mommy friendly ini sudah mengirimkan produknya ke berbagai wilayah di Indonesia. 
 
Head of Ella Beauty Store, Yaenal, menjelaskan, sejak bergabung dan aktif memanfaatkan fitur Broadcast, Waktu Indonesia Belanja (WIB) dan TopAds membantu meningkatkan penjualan bahkan hingga 2-3x lipat setiap bulannya. "Di sisi lain, Ella Beauty juga selalu memberikan pelayanan terbaik seperti memberikan konsultasi agar konsumen dapat memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan kulitnya.” katanya.
 
Kolaborasi dengan Mitra Strategis 
bersama pemerintah Kota Solo, sebagai salah satu mitra strategis, berkolaborasi menyediakan kemudahan bertransaksi PBB melalui Tokopedia. Berdasarkan temuan data Tokopedia, transaksi PBB tahun 2022 di Kota Solo mengalami kenaikan sebesar 1,5x lipat dibandingkan 2021. Dalam rangka memperingati HUT Kota Solo, masyarakat Kota Solo bisa melakukan pembayaran PBB dengan menggunakan kode promo PBBSOLO. Dapatkan keuntungan cashback sebesar 20% hingga Rp10 ribu (syarat dan ketentuan berlaku).

(wd)