Rabu , 2 Desember 2020

FEATURES: Bangun Pertahanan Lawan Covid Dengan Tepung Selaci Puput

20 Oktober 2020 17:02 WIB


Ketua IDI cabang Sukoharjo, dr. Iskandar (kiri) saat memberikan contoh teknik cuci tangan 6 langkah.

SOLO, solotrust.com- Meningkatnya kasus Covid19 di Indonesia membuat pemerintah terus menggalakkan kampanye protokol kesehatan. Protokol kesehatan 3M yang terdiri dari memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak harus dapat dilakukan dengan benar oleh masyarakat.

Namun begitu, ternyata masih banyak masyarakat yang lalai ataupun tidak sempurna dalam menerapkan protokol tersebut. Seperti halnya tidka memakai masker ataupun memakai masker namun tidak sampai ke hidung, artinya hanya mulut saja yang tertutup. Hal tersebut terbukti dengan masih banyaknya masyarakat yang tertangkap dalam operasi penegakan disiplin protokol kesehatan.



Selain soal masker, mencuci tangan juga sering kali kurang sempurna dilakukan. Mencuci tangan biasanya hanya telapan tangan dan punggung tangan saja yang dibersihkan. Lantas bagaimana cara cuci tangan yang tepat?

Tepung selaci puput menjadi jawaban atas pertanyaan tersebut. Tepung selaci puput merupakan teknik mencuci tangan dengan sabun yang mencakup enam langkah, yakni telapak tangan, punggung tangan, sela-sela, mengunci, kemudian putar-putar. Dengan teknik tersebut seluruh bagian tangan dapat terjangkau sehingga bersih. Hal tersebut diungkapkan Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) cabang Sukoharjo, dr. Iskandar saat melakukan dialog di kantor redaksi Solotrust.com beberapa waktu lalu.      

“Dengan menjaga perilaku cuci tangan dengan enam langkah, prinsipnya semua bisa kena, telapak tangan, punggung tangan, sela-sela, mengunci, kemudian putar-putar. Jadi dengan tepung selaci puput ya, telapak, punggung, sela-sela, mengunci, putar-putar.” Jelas dr Iskandar.

Selain perilaku tersebut, dokter Iskandar juga menekankan agar masyarakat membudayakan pola hidup sehat, makan sayur, buah-buahan, olahraga teratur, dan istirahat yang cukup.  

“Perilaku hidup sehat, kemudian kita olahraga, jalan-jalan atau apa yang sifatnya stabil setiap hari, kemudian makan buah, sayur itu baik untuk daya tahan tubuh, kemudian istirahat cukup.” Urainya.

Dengan melakukan upaya-upaya tersebut diharapkan penyebaran covid19 dapat dicegah dan melalui konsumsi makanan bergizi, olahraga, dan istirahat yang cukup imun menjadi kuat dan badan sehat. (wd)  

()

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com