Selasa , 1 Desember 2020

BTS Jadi Artis Pertama Di Dunia yang Puncaki Chart Social 50 Billboard Selama 200 Minggu Berturut-turut

16 Oktober 2020 23:58 WIB


BTS saat tampil di Billboard Music Awards 2020 (Dok. Big Hit Entertainment)

Solotrust.com - BTS menjadi artis pertama di dunia yang memuncaki chart Social 50 Billboard selama 200 minggu berturut-turut. Billboard mengumumkan pada 14 Oktober 2020 bahwa minggu ini BTS kembali memuncaki chart itu, yang menjadikan grup itu sebagai musisi  yang paling lama berada di sana.

Chart Social 50 diluncurkan pada Desember 2010, yang menunjukkan popularitas artis di media sosial. Februari lalu BTS menjadi artis yang paling banyak merajai chart itu, mematahkan rekor 163 minggu dari Justin Bieber.



Grup asal Big Hit Entertainment itu telah merajai chart itu tiap minggu dimulai dari 29 Juli 2017, setelah untuk pertama kalinya memuncakinya pada 29 Oktober 2016. Sementara itu, Justin Bieber pertama kali memuncaki chart itu pada Februari 2011.

Dominasi itu mengantarkan BTS selama empat tahun berturut-turut memenangkan kategori Top Social Artist di Billboard Music Awards (BBMAs) sejak 2017 hingga 2020. Tahun ini BTS menang dari sejumlah nominee yakni Ariana Grande, Billie Eilish, EXO, dan GOT7.

Chart Social 50 didukung oleh data yang dilacak oleh perusahaan analisis musik Next Big Sound. Chart ini memeringkat artis paling populer di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube dan Wikipedia. Metodologi chart ini memadukan penambahan mingguan untuk teman/penggemar/ pengikut, seberapa banyak tampilan halaman sang artis serta engagementnya.

Billboard mengatakan BTS tampaknya mengalami kenaikan interaksi di media sosial terkait dengan promosi "Savage Love (Laxed - Siren Beat)", versi terbaru dari lagu hit yang viral di TikTok "Savage Love" dari penyanyi AS Jason Derulo dan produser Selandia Baru Jawsh 685. Lagu itu sendiri minggu ini merajai chart Billboard HOT 100. Sementara lagu BTS yang menggunakan Bahasa Inggris penuh yakni "Dynamite" berada di posisi runner up. (Lin)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com