Selasa , 1 Desember 2020

MV Lovesick Girls BLACKPINK Bakal Diedit Paska Kontroversi Pakaian Perawat Jennie

9 Oktober 2020 18:06 WIB


Jennie dalam pakaian perawat dalam MV "Lovesick Girls" BLACKPINK (Dok. YG Entertainment)

Solotrust.com- MV terbaru BLACKPINK "Lovesick Girls" akan diedit dan diganti menyusul kontroversi atas adegan yang dikritik oleh kelompok perawat karena menseksualisasi profesi tersebut, sebagaimana dikabarkan Yonhap berdasarkan keterangan YG Entertainment (7/10/2020).

"Kami telah memutuskan untuk menghapus semua adegan dengan pakaian perawat di video musik 'Lovesick Girls' BLACKPINK dan berencana untuk mengganti video tersebut secepat mungkin," kata YG Entertainment dalam pernyataan email.



Agensi tersebut menekankan bahwa mereka tidak memiliki niat apapun terkait hal itu dan akan menjadikan itu sebagai kesempatan mereka untuk belajar secara mendalam, serta meminta maaf kepada perawat yang merasa tersinggung.

Berbagai tagar seperti "perawat adalah profesi" bergaung Twitter. Perawat mengkritik pakaian tersebut karena dianggap sebagai perawat yang tidak realistis dan seksual. Mereka mengklaim representasi tersebut dapat menyebabkan persepsi yang salah tentang profesi tersebut.

"Sementara perawat adalah pekerja kesehatan dan profesional di bidang medis, mereka harus menderita karena penggambaran yang meragukan profesi mereka atau menseksualisasikannya hanya karena fakta bahwa ada banyak wanita di industri ini. Situasi seperti ini memburuk jika budaya pop terus mengulang citra perawat yang menyimpang," kata serikat payung yang mewakili perawat dalam sebuah pernyataan Senin lalu, meminta pihak YG untuk bertanggung jawab.

Menyusul pernyataan YG Entertainment yang akan mengedit MV itu, Asosiasi Perawat Korea pun telah merilis pernyataannya.

"Kami berharap keputusan itu akan menjadi kesempatan untuk meningkatkan peringatan tentang iklim masyarakat kita yang mengobjekkan seks atau pekerjaan tertentu, tidak hanya perawat," katanya.

Organisasi tersebut juga berterima kasih kepada YG karena dengan cepat memutuskan untuk mengganti video tersebut dan mengatakan 440.000 perawat di negara itu akan mendukung karir global BLACKPINK.

Pada 8 Oktober 2020, MV "Lovesick Girls" sendiri telah mencapai 127 juta kali tayang di YouTube. MV itu pun kini menjadi MV ke-10 BLACKPINK yang telah mencapai 100 juta kali tayang, mengikuti "BOOMBAYAH", “Playing with Fire",  “Whistle", “As If It’s Your Last", “Stay", “DDU-DU DDU-DU", “Kill This Love", “How You Like That", dan “Ice Cream.” (Lin)

()

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com