Selasa , 1 Desember 2020

Tower 8 Wisma Atlet akan Dibuka untuk Isolasi OTG Covid-19

26 September 2020 14:35 WIB


Tower Wisma Atlet, Kemayoran, Provinsi DKI Jakarta. (Foto: Kementerian PUPR)

BINTAN, solotrust.com - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 akan membuka Tower 8 Wisma Atlet Kemayoran, sebagai flat isolasi mandiri bagi masyarakat terinfeksi virus SARS-CoV-2 dan tidak memiliki tempat isolasi layak sesuai protokol kesehatan.

Adapun rencananya, pembukaan Tower 8 ditujukan bagi penderita Covid-19 tanpa gejala (OTG) dan bergejala ringan, seperti tower 4 dan 5 yang sebelumnya telah dibuka sepekan lalu.



“Sedang kami siapkan lagi untuk menerima pasien OTG,” kata Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Doni Monardo dalam Rapat Koordinasi Pimpinan (Rakorpim) Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN) dan Kementerian/Lembaga (K/L), di Kawasan Wisata Lagoi, Bintan, Kepulauan Riau, Jumat (25/09/2020), dilansir dari laman resmi Badan Nasional Penanggulangan Bencana, bnpb.go.id.

Menurutnya, langkah itu sekaligus mendukung upaya tracing, testing, treatment guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Di lain sisi, hal itu juga sebagaimana menjadi arahan Presiden RI Joko Widodo setelah ditemukan sebanyak tujuh persen kasus baru masyarakat terinfeksi virus adalah mereka yang tidak pernah keluar rumah.

Artinya, klaster keluarga juga harus diantisipasi dan menjadi perhatian bersama, terutama bagi perawatan anggota keluarga yang tidak memiliki tempat isolasi sesuai standar protokol kesehatan.

Dalam kesempatan yang sama, Doni Monardo juga melaporkan hampir seratus persen pasien Covid-19 bergejala ringan maupun orang tanpa gejala (OTG) yang dirawat di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran sembuh total. Hasil pencapaian tersebut tentunya tak lepas dari adanya peran serta antara kementerian/lembaga terkait, didukung TNI/Polri dan instansi serta organisasi terkait lainnya.

“Hampir seratus persen pasien-pasien yang bergejala ringan itu sembuh total. Jadi langkah-langkah yang sudah dilakukan oleh tim gabungan dari Kementerian Kesehatan dan didukung oleh TNI dan lembaga lainnya, termasuk organisasi profesi ini satu hal yang bagus sekali,” jelas Doni Monardo.

Selain itu, berdasarkan laporan data diterima Doni Monardo, jumlah pasien masuk di ruang ICU di seluruh rumah sakit (RS) di Jakarta, termasuk di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet mengalami penurunan hingga 70 persen.

“Mengalami penurunan. Hari ini (Jumat) berada pada posisi 70 persen,” ungkap dia.

Sebagai informasi, menurut data per Jumat (25/09/2020), jumlah tempat tidur telah terisi di Tower 4 Wisma Atlet adalah sebanyak 1.004 atau 64,94 persen dari total kapasitas 1.546. Sementara untuk Tower 5 telah terisi sebanyak 1.118 pasien atau 71,2 persen dari jumlah total kapasitas sebanyak 1.570 tempat tidur. Adapun pembukaan Tower 8 akan memiliki kapasitas sebanyak 1.548 tempat tidur untuk isolasi mandiri.

(redaksi)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com