Hard News

Gempa Pacitan Lagi Kemarin, Ini Data dari BMKG

Sosial dan Politik

25 September 2020 14:46 WIB

Ilustrasi.

JAKARTA, solotrust.com- Berdasarkan data di situs resmi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa kembali menggoyang dari wilayah Pacitan, Jawa Timur, pada Kamis (24/9/2020) malam. Dibandingkan yang terjadi dua hari sebelumnya, gempa sama berasal dari laut di selatan Jawa namun terukur sedikit lebih kuat, yakni 4,7 dalam skala Magnitudo.

Melansir dari BMKG, peristiwa gempa Pacitan pada Kamis malam, tepatnya terjadi pada pukul 20.20 WIB. Sumber gempa berada di laut, 72 kilometer sebelah barat daya Pacitan pada kedalaman 24 kilometer. Dampak getarannya bisa dirasa lemah sampai Yogyakarta.



Pada Selasa, gempa Pacitan terukur sekuat 4,3 M. Sumbernya 56 kilometer sebelah tenggara Pacitan pada kedalaman 35 kilometer. Dampaknya terukur hanya dirasa di Pacitan.

Adapun sepanjang Kamis, BMKG juga mencatat sejumlah gempa lain di Ambon, Bengkulu Selatan, dan Mamasa. Yang terukur terkuat di antara di tiga lokasi itu adalah di Ambon yakni 4,1 M. Gempa ini tercatat bersumber di darat pada kedalaman 10 kilometer pada pukul 16.35 WIB.

Antara memberitakan dampak gempa itu membuat warga menjadi panik dan berhamburan ke luar rumah. #teras.id

(wd)