Pend & Budaya

Dory Harsa dan Seniman Internasional Meriahkan SIPA 2020

Budaya

12 September 2020 09:59 WIB

Dory Harsa tampil pada opening ceremony Solo International Performing Arts (SIPA) secara virtual

SOLO, solotrust.com – Memasuki tahun ke-12, festival Solo International Performing Arts (SIPA) digelar secara virtual untuk kali pertama lantaran pandemi virus corona (Covid-19). Sebanyak 20 delegasi turut memeriahkan pembukaan acara ini, Kamis (10/09/2020).

SIPA 2020 mengusung tema “Recognition and Acceleration”didasarkan pada pehamahan seni sebagai sesuatu yang bertumpu pada penghargaan dan apresiasi untuk proses percepatan kemajuan serta persatuan. Virtual festival SIPA digelar selama tiga hari pada 10 hingga 12 September 2020 pukul 17.00 hingga 22.00 WIB secara live streaming di saluran YouTube SIPA Festival. 



Maskot SIPA 2020, Dory Harsa tampil pada opening ceremony dengan  membawakan lagu 'Ninggal Tatu', diiringi penari dari Semarak Candra Kirana. Acara pembukaan SIPA 2020 juga dimeriahkan 20 delegasi nasional dan internasional. Empat delegasi nasional di antaranya Dory Harsa, Semarak Candra Kirana, Triapswaya, dan Luluk Ari Prasetyo tampil secara live di studio. 

Sementara delegasi internasional, antara lain Panwar Music and Dance (Kanada), Chao Ming Tung (Taiwan), Annabel Laura (Belanda), dan My Voice-A Theatre Group (Hongkong).

Delegasi dari Kota Solo, Luluk Ari Prasetyo, mengaku sangat gembira mengikuti gelaran acara. Menurutnya, SIPA memberi warna untuk beberapa komunitas dan seniman.

"Harapannya, koreografer muda  lebih dilihat oleh para kurator,” ujarnya dalam siaran pers. 

Kemeriahan opening ceremony SIPA 2020 ditutup dengan penampilan dari My Voices, A Theatre Group dari Hongkong dengan karyanya berjudul “La Elección, dari  Hongkong ke Bolivia.

(redaksi)