Sabtu , 6 Maret 2021

Pakaian Sering Pudar? Cuci dengan Beberapa Cara Ini

08 September 2020 21:08 WIB


Solotrust.com - Meski terlihat mudah, nyatanya mencuci pakaian bukan hal yang bisa dianggap sepele. Pasalnya, ada banyak ibu rumah tangga yang kesulitan untuk menjaga kualitas bahan dan warna pakaian karena mencucinya dengan cara yang salah. Pemakaian mesin cuci juga dianggap menjadi penyebab bahan dan kualitas warna pakaian tersebut menurun. Selain itu, air kualitas air ternyata juga mempengaruhi kualitas bahan dan warna baju tersebut.
 
Banyak orang yang akhirnya menggunakan alat penjernih air agar bisa mendapatkan kualitas air yang baik. Nah, ada beberapa cara yang bisa digunakan agar kamu bisa mencuci pakaian sekaligus menjaga kualitas warna dan bahan pakaian tersebut.
 
1. Pisahkan cucian
 
Pisahkan pakaian sebelum pakaian dicuci berdasarkan warna. Pakaian yang berwarna gelap bersama yang gelap juga, sementara warna terang dengan terang. Selain mencegah baju berwarna gelap dan solid melunturi pakaian warna terang, langkah ini merupakan cara mencuci yang benar sehingga membuat warna baju tahan lama.
 
2. Hindari mencuci dengan air hangat
 
Mencuci dengan air dingin akan membantu warna baju Anda lebih tahan lama dan tidak cepat pudar. Air hangat atau panas bisa merusak serat kain sehingga warna baju jadi gampang memudar.
 
3. Balik pakaian tersebut ketika dicuci
 
Membalik pakaian sebelum dicuci sehingga bagian dalamnya jadi di luar adalah cara mencuci yang benar untuk mencegah warnanya pudar. Bagian kain yang selalu berada di luar saat dicuci, biasanya akan lebih cepat memudar. Jika hanya bagian dalam yang pudar tidak akan terlihat ketika dipakai.
 
4. Lewati proses pengeringan jika tidak terlalu perlu
 
Sebisa mungkin hindari mengeringkan pakaian dengan mesin cuci. Proses memeras air pada tabung pengeringan di mesin cuci akan membuat permukaan bahan jadi kasar. Hal ini berakibat pada warna baju yang terlihat pudar, padahal sebenarnya tidak. Mengeringkan pakaian di bawah sinar matahari akan lebih bersahabat bagi kain.
Seperti yang disebutkan sebelumnya, kualitas air tentu harus diperhatikan, apalagi jika pakaian yang akan kamu cuci adalah pakaian berwarna putih. Air yang keruh akan membuat pakaian berwarna putih menjadi lebih gelap atau sedikit berwarna kecoklatan. 
 
Air yang keruh bisa dipengaruhi beberapa faktor, salah satunya adalah kedalaman pompa air tersebut. Jika terlalu posisinya terlalu dalam, bisa jadi air yang akan keluar menjadi lebih keruh dan pekat. Jadi, perhatikan juga hal tersebut ya.

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com