Ekonomi & Bisnis

Peduli Kaum Muda, IHGMA DPD Jawa Tengah MoU dengan YCAB Foundation

Ekonomi & Bisnis

25 Agustus 2020 10:53 WIB

DPD IHGMA Jawa Tengah melakukan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) bersama YCAB Foundation pada 14 hingga 15 Agustus 2020 di Salatiga, Jawa Tengah

Solotrust.com - DPD IHGMA Jawa Tengah telah melakukan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) alias nota kesepahaman bersama YCAB Foundation guna membangun  komunitas kaum muda mengembangkan keterampilan. MoU pada 14 hingga 15 Agustus 2020 di Salatiga, Jawa Tengah ini menginisiasi program pengembangan teknis dan nonteknis dalam bentuk program ‘Future Skills-High Impact Project’.

Project ini bertujuan untuk memberikan bekal keterampilan teknis maupun nonteknis kepada kaum muda melalui kemitraan dengan Lembaga Pelatihan, baik BLK maupun LPK di Jawa Tengah,”ujar Program Manager YCAB Foundation, Sobirin Jamil dalam siaran pers diterima solotrust.com.



Dalam MoU ini, DPD IHGMA Jawa Tengah berkomitmen mendukung terlaksananya peningkatan sumber daya manusia (SDM) kaum muda dengan memberikan pendampingan BLK/LPK dan praktisi di Jawa Tengah mitra YCAB Foundation. Tercatat ada lima BLK saat ini menjadi fokus pengembangan kaum muda, yakni BLK Kota Pekalongan, BLK Kabupaten Pekalongan, BLK Kabupaten Karanganyar, BLK Kabupaten Boyolali, dan BLK Kabupaten Wonogiri.

Dalam penandatanganan MoU juga dibahas rencana membuat BLK unggulan. Diharapkan BLK unggulan ini memiliki kualitas pelatihan maupun instruktur bagus serta kurikulum tepat untuk mencetak tenaga kerja unggulan. Selain itu, harapannya juga memiliki branding bagus dan jaringan luas sehingga akan mempermudah penempatan kerja setelah peserta didik selesai mengikuti program di BLK tersebut.


"Beberapa program unggulan yang menjadi fokus YCAB Foundation salah satunya adalah perhotelan, di mana kami selaku pengurus IHGMA memiliki peran penting untuk memberikan pendampingan, baik dalam bentuk sinkronisasi kurikulum dan training of trainers dari instruktur di BLK/LPK serta mendampingi program promosi dan branding," kata Sekjen DPD IHGMA DPD Jawa Tengah, Ika Florentina.

"Dengan begitu, BLK yang memiliki keterampilan di perhotelan akan menjadi BLK yang memiliki brand bagus dan output bisa diserap langsung oleh lapangan kerja,” sambungnya.

YCAB Foundation merupakan sebuah organisasi nirlaba berpusat di Jakarta. Organisasi ini fokus di bidang pengembangan anak muda. YCAB Foundation percaya kemandirian ekonomi hanya dapat dibangun melalui pemberian akses edukasi dan ekonomi yang akan mewujudkan kesejahteraan berkelanjutan.

(redaksi)

Berita Terkait

Berita Lainnya