Pend & Budaya

Perguruan Tinggi UK-Indonesia Kolaborasi Penelitian Penanganan Covid-19

Pend & Budaya

22 Agustus 2020 15:31 WIB

Ilustrasi (Dok. Istimewa)

JAKARTA, solotrust.com - Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Nizam, menjelaskan perguruan tinggi di Indonesia telah menyumbang berbagai inovasi, terkhusus di bidang kesehatan untuk membantu penanganan Covid-19.

“Dalam empat bulan terakhir, perguruan tinggi di Indonesia telah aktif melakukan berbagai inovasi. Berbagai penelitian dan pengembangan studi di bidang kesehatan, termasuk mitigasi pencegahan dan penanganan pasien Covid-19,” ujar Nizam pada acara bertajuk Joint Declaration and Founders Meeting UK-Indonesia Consortium for Interdisciplinary Sciences (UKICIS) secara online alias dalam jaringan (Daring), Jumat (21/08/2020).



Nizam memaparkan lebih dari sebelas jenis ventilator telah dikembangkan perguruan tinggi bersama pusat penelitian Indonesia dan ratusan telah digunakan sejumlah rumah sakit untuk penanganan Covid-19.

“Telah lebih dari sebelas jenis ventilator yang telah dikembangkan perguruan tinggi bersama Lembaga Pusat Penelitian di Indonesia. Kini ratusan ventilator tersebut telah digunakan oleh rumah sakit-rumah sakit untuk membantu penanganan pasien, rapid test, serta PCR test. Selain itu juga pengembangan vaksin Covid-19 masih terus dikembangkan," jelasnya, dilansir dari laman resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, kemdikbud.go.id.

Ditambahkan, sejauh ini ribuan mahasiswa telah melakukan aksi relawan kemanusiaan kepada masyarakat guna melakukan edukasi terkait pandemi.

“Selain itu, ribuan mahasiswa kami menjadi relawan, terlebih melalui metode media komunikasi, informasi dan pendidikan bagi masyarakat dalam pandemi saat ini,” tutur dia.

Nizam berharap kolaborasi antara perguruan tinggi kedua negara dapat mengembangkan penelitian untuk kepentingan bersama dalam penanganan pandemi Covid-19. Sudah sepatutnya perguruan tinggi menjadi wadah inovasi untuk kehidupan lebih baik.

“Kami berharap dengan adanya kolaborasi antara perguruan tinggi-perguruan tinggi UK-Indonesia akan bersama melawan pandemi Covid-19, juga dapat melakukan penelitian gabungan yang akan bermanfaat bagi kedua negara. Perguruan tinggi sebagai mesin inovasi serta sumber daya manusia sangat penting untuk mempertahankan pertumbuhan ekonomi kita dan mengembangkan masyarakat untuk hidup lebih baik,” pungkas Nizam.

(redaksi)