Hard News

Proyek Strategis Nasional Pembangunan Tol Jogja-Solo Dimulai

Sosial dan Politik

19 Agustus 2020 16:58 WIB

Pemasangan patok perdana pembangunan tol Jogja-Solo.

 

YOGYAKARTA, solotrust.com- Tim persiapan proyek pembangunan jalan tol DIY mulai mengawali proses pembangunan dengan pemasangan patok Right Of Way (ROW). Dana sebesar Rp 6,2 triliun disiapkan untuk tahap pertama pembangunan jalan tol ruas Yogyakarta-Solo.



Proyek pembangunan jalan tol yang sempat terhenti akibat pandemi covid 19 ini menghubungkan Yogyakarta – Solo, Jawa Tengah sepanjang 22 kilometer mulai kembali berjalan.

Berlokasi di titik simpul jembatan susun Desa Purwomartani, Kalasan, Sleman pemasangan patok perdana pembangunan tol dilakukan oleh Bupati Sleman Sri Purnomo dan Sekretaris Daerah Istimewa Yogyakarta (Sekda DIY) Kadarmanta Baskara Aji, Rabu (19/8/2020).

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Badan Pertanahan Nasional (BPN) Tri Wibisono mengatakan, dipasangnya patok perdana pembangunan ini pihaknya segera akan membentuk tim inventarisasi dan identifikasi, yang akan melakukan pengukuran dan pemetaan serta pengumpulan data yuridis.

“Masyarakat dan perangkat desa yang terdampak proyek pembangunan diharapkan mempersiapkan diri.” Katanya.

Sementara itu Pelaksana Pembebasan Lahan (PPL) Tol Jogja-Solo, Wijayanto mengatakan, dalam proyek pembangunan tol sesi satu ini meliputi pengadaan lahan dari simpang susun Kartosuro, simpang susun Karang Anom, simpang susun Klaten Kota, simpang susun Prambanan dan simpang susun Purwomartani, dengan dana yang disiapkan mencapai Rp 6,2 triliun.

“Untuk sesi pertama proyek pembangunan tol jogja solo mulai dari pengadaan tanah hingga pembayaran lahan terdampak, ditargetkan hingga pertengahan tahun 2021.” Jelasnya. (adam)



(wd)