Kamis , 28 Januari 2021

Mayor Joni Eko Prasetyo Jabat Danyon 408 Suhbrastha

10 Januari 2018 16:36 WIB


Danrem 074/Warastratama Kolonel Inf Widi Prasetijono menjadi Irup dalam Sertijab Danyon 408/Suhbrastha. (solotrust.com/saf)

SRAGEN, solotrust.com-Komandan Batalyon 408/Suhbrastha diserahkan dari Letkol Inf Muhammad Arry Yudistira  kepada pejabat baru Mayor (Inf) Joni Eko Prasetyo. Serah terima jabatan (Sertijab) ini dipimpin Komandan Korem (Danrem) 074/Warastratama Kolonel (Inf) Widi Prasetijono dalam upacara di Lapangan Mako Yonif 408/Suhbrastha, Rabu (10/1/2018).

Upacara Sertijab berlangsung khidmad diawali dengan pemeriksaan pasukan oleh Danrem. Ratusan prajurit tempur Yonif 408/Raider berada di tengah lapangan Mako, yang terletak di Kampung Beloran Sragen mejadi peserta upacara. Bertindak sebagai Komandan Upacara adalah Wadanyon 408/Raider Mayor Inf Muhammad isnaini. Pejabat Danyon 408/Suhbrastha yang lama, Letkol Muhammad Arry Yudistira tepat satu tahun memegang Batalyon Raider ini. Selanjutnya ia akan menjadi Dandodiklatpur Infanteri di Klaten. Setahun lalu, tepatnya 10 Januari 2017, Letkol Inf Muhammad Arry Yudistira melakukan Sertijab dari Letkol Inf Andi Bagus Dian Arika. Sementara itu, Mayor Inf Joni Eko Prasetyo sebelumnya menjabata sebagai  Pabandya Dik Spers Kodam IV Diponegoro di Semarang.



Beberapa pejabat Sipil dan Militer hadir menyaksikan acara serah terima jabatan ini. Selain para Dandim di Soloraya, juga hadir Sekda Sragen Tatag Prabawanto, Sejumlah Kepala SKPD di Sragen serta perwakilan dari Ormas dan Parpol.

Tugas utama yang diemban oleh Danyon 408, menurut Kolonel Widi Prasetijono adalah pembinaan prajurit. Oleh sebab itu sebagai Batalyon yang berada di bawah Korem 074 Warastratama, Yonif 408 sebagai satuan tempur, selalu berlatih untuk selalu siap mendapatkan penugasan.  

Danyon 408 juga diharapkan mampu mengenal kondisi sosial dan budaya di sekitar markas. Seperti kemampuan menampilkan atraksi barongsai, menurut Kolonel Widi, bisa dijadikan sarana hiburan di tengah ketegangan dan kelelahan dalam melakukan latihan rutin sebagai satuan tempur.

“para prajurit juga butuh hiburan, seperti tadi ada drum band, ada barongsai, agar bisa melepas ketegangan. Karena kalau latihan tegang dan keliru, bisa-bisa membahayakan nyawa mereka,” tandas Kolonel Widi , ditemui solotrust.com seusai acara sertijab.

Menanggapi penugasan dalam jabatan barunya, Mayor Inf  Joni Eko Prasetyo menyatakan kesiapannya. “Sesuai dengan Undang undang nomor 34 tahun 2004, tentang Tugas TNI, maka kami akan mem-breakdown progam dan tugas yang diembankan sebagai satuan tempur yang berada di bawah Korem 074 warastratama,”ujar Mayor Joni yang merupakan perwira kelahiran Purwodadi, Grobogan yang lulus dari Akademi Militer tahun 2002.

Para prajurit Yonif 408/Suhbrastha memang tampil beratraksi memeriahkan acara. Selain penampilan Drum Band Canka Suhbrastha, juga ditampilkan atraksi barongsai dan aksi seni beladiri khas militer Yongmoodo. (saf)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com