Hard News

Ini Makna Logo dan Tema 75 Tahun Kemerdekaan Indonesia

Hard News

6 Agustus 2020 14:31 WIB

Logo Peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI

JAKARTA. solotrust.com - Agustus sangat lekat dengan peringatan kemerdekaan Republik Indonesia (RI). Tak heran di bulan ini suasana biasanya lebih meriah dengan berbagai agenda atau kegiatan.

Di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang, tentunya membawa perubahan signifikan pada bangsa Indonesia dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 RI. Kendati demikian, hal itu tak mengurangi semangat kemerdekaan bagi seluruh masyarakat Indonesia.



Melihat lebih dalam tentang tema besar yang diambil dalam memperingati hari kemerdekaan 2020, yakni “Indonesia Maju” dan disempurnakan dengan penambahan logo “Bangga Buatan Indonesia”. Hal itu sesuai dengan yang disampaikan Menteri Sekretaris Negara, Pratikno.


Ingin tahu lebih dalam tentang logo dan tema HUT ke-75 RI 2020, berikut ulasannya, dilansir dari laman Portal Berita Resmi Polri, TribrataNews, Kamis (06/08/2020).

1. Indonesia maju adalah sebuah representasi dari Pancasila sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Dalam hal ini, negara mengajak seluruh masyarakat untuk terus fokus kepada hal yang benar-benar penting dalam menyatukan keberagaman melalui kolaburasi untuk memperkenalkan jati diri bangsa Indonesia.

2. Makna logo yang digunakan dalam perayaan HUT ke-75 RI menyimbolkan arti dari kesetaraan dan pertumbuhan ekonomi untuk rakyat Indonesia. Selain itu juga kemajuan nyata dalam bekerja untuk mempersembahkan hasil terbaik kepada rakyat Indonesia.

Logo HUT ke-75 RI disempurnakan lagi dengan logo “Bangga Buatan Indonesia”. Adapun filosofinya, yakni logo Bangga Buatan Indonesia meliputi gabungan dari logogram dan logotype dengan sentuhan modern, terlihat dalam bentuk huruf-huruf dan sederhana secara keseluruhan. Logogram digunakan untuk menunjukkan cinta terhadap produk lokal Indonesia. Selain itu juga menggambarkan perasaan bangga terhadap produk lokal Indonesia, sekaligus menunjukkan kesatuan sebagai satu Indonesia.

(redaksi)