Entertainment

Pensiun dari Polri, Budi Gunawan Tetap Pimpin BIN

TNI / Polri

6 Januari 2018 09:32 WIB

Jenderal Pol Budi Gunawan. (dok/tribratanews)

JAKARTA, solotrust.com- Kendati pensiun dari Polri, Budi Gunawan yang kerap disapa BG tetap menjabat sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN).

“Pak BG pensiun dari Polri, tetapi tetap jadi kepala BIN, karena BIN tidak berdasar dari Polri. Sebagai Polisi beliau pensiun karena usia sudah 58 tahun, sesuai regulasi,” Tutur Kepala Bagian Penerangan Masyarakat Polri Brigadir Jenderal Polisi Mohammad Iqbal di Jakarta, seperti dilansir dari tribratanews.com



Jenderal Pol Budi Gunawan resmi pensiun dari Polri seusai dengan Surat Telegram Kapolri yang dikeluarkan pada 5 Januari 2018 dengan nomor ST/15/I/2018. Dalam surat telegram yang diterbitkan pada 5 Januari 2018 itu, Jenderal BG dimutasikan menjadi perwira tinggi (Pati) Baintelkam Polri dalam rangka pensiun.

Selain Budi, sejumlah perwira lain juga telah memasuki masa pensiun. Mereka adalah Brigjen Pol Didik Purnomo, Brigjen Pol Suprayitno, Irjen Pol Arief Dharmawan, Brigjen Pol Eldi Azwar, Irjen Pol Bambang Hermanu, Irjen Pol Nicolaus Eko Riwayanto, Brigjen Pol Wakin Mardiwiyono, Brigjen Johanes Kwartanto, dan Brigjen Edi Kusworo.

Dalam surat telegram itu, terdapat 32 jenderal dan perwira menengah berpangkat Komisaris Besar (Kombes) yang dimutasi dalam rangka pensiun. Sedangkan, perwira menengah berpangkat kombes yang pensiun di antaranya Kombes Pol Sukarmiyati, Kombes Pol Halimah B Santoso, Kombes Wadiyana, dan Kombes Alamsyah Marzoeki.

Selain itu, 113 personel Polri dari tingkat Jenderal hingga perwira menengah berpangkat Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) juga mengalami mutasi.

“mutasi adalah rangkaian tour of Duty, itu kan banyak kapolres maupun kapolda, tour of duty itu kan banyak ada juga dalam rangka pensiun,” jelas Iqbal.

Seperti diketahui Budi Gunawan lahir di Surakarta, Jawa Tengah pada 11 Desember 1959. Ia merupakan lulusan Akademi Kepolisian tahun 1983. Budi Gunawan tercatat pernah menduduki sejumlah jabatan penting di Polri, antara lain Kapolda Jambi (2008-2009), Kapolda Bali (2012), Kepala Lembaga Pendidikan Kepolisian (2012-2015), dan Wakapolri (2015-2016). (wid)

(wd)