Hard News

Kenalkan Durian Lokal Lewat Festival Durian

Jateng & DIY

5 Januari 2018 10:42 WIB

Wakil Bupati Karanganyar, Rohadi Widodo usia buka Festival durian. (dok humas)

KARANGANYAR. Solotrust.com- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar mengadakan Festival Durian 2018 yang diikuti puluhan peserta, Kamis (04/01/2018) di Terminal Wisata Mbangun Makutoromo, Karangpandan.

Dilansir dari laman resmi Pemkab Karanganyar, Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan (Dispertan) Kabupaten Karanganyar, Supramnaryo, mengatakan 25 peserta berasal dari petani yang tersebar di beberapa Kecamatan di Kabupaten Karanganyar.



“Lomba ini ada setelah dua tahun berturut-turut vakum, karena merosotnya produksi durian yang disebabkan musim,” kata Supramnaryo.

Supramnaryo menambahkan, festival ini juga untuk menemukan dan mengenalkan pohon durian lokal dari Karanganyar, dengan harapan ke depan ada penamaan varietas unggul yang akan diajukan ke Kementerian Pertanian dan dijadikan pohon induk bagi perbanyakan bibit.

Sementara itu Wakil Bupati Karanganyar, Rohadi Widodo mengatakan, festival durian bertujuan untuk lebih mengenalkan produk durian lokal dari Karanganyar, apalagi karanganyar merupakan salah satu penghasil durian.

“Kalau kita lihat, banyak pedagang durian saat musim, berjualan yang strategis, ada pula di desa-desa yang banyak dicari pembeli. Rasa dan aroma khas menjadi incaran penyuka durian,” katanya. (wid)

(wd)