Kamis , 13 Agustus 2020

Pangeran Abu Dhabi Hadiahi Jokowi Masjid di Solo

11 Juli 2020 11:31 WIB


Penentukan arah kiblat masjid yang akan dibangun di bekas depo pom milik Pertamina kawasan Gilingan, Banjarsari, Solo

SOLO, solotrust.com - Kunjungan Pangeran Abu Dhabi dan Sheikh Mohamed Bin Zayed Al Nahyan ke Indonesia pada akhir Juli 2019 lalu tak hanya menghasilkan kesepakatan bisnis. Dalam pertemuan yang sama, Sheikh Mohamed berjanji kepada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) untuk memberikan hadiah berupa masjid yang akan dibangun di kampung halamannya, Kota Solo.

Rencananya, masjid akan didesain mengadaptasi Sheikh Zayed Grand Mosque. Dibangun di atas lahan seluas tiga hektare di bekas depo pom milik Pertamina kawasanGilingan, Banjarsari, Solo, masjid akan dilengkapi fasilitas Islamic Center.



Utusan Dubes RI untuk Uni Emirat Arab (UEA) Husin Bagis, Setyo Wisnu Broto mengatakan, proses pembangunan diawali pengukuran arah kiblat pada Kamis (09/07/2020) bersama pihak terkait dan tokoh agama.

"Hari ini kami menentukan arah kiblat. Kami mengundang tokoh Muhamamdiyah, NU, MUI agar semuanya di sini tidak ada yang simpang siur. Kita tahu masyarakat Indonesia itu majemuk. Biar nanti tidak salah dalam penentuan arah kiblat masjid," ungkap Wisnu.

Peletakan batu pertama masjid sendiri akan dilakukan Desember 2020. Ke depan, masjid tersebut digadang-gadang akan menjadi alternatif tujuan wisata religi di Kota Solo.

"Pembangunan masjid mulai dari desain hingga prosesnya sepenuhnya ditanggung oleh Pangeran Abu Dhabi. Budgetnya menyesuaikan secara umum di Indonesia," tukasnya. (awa)

(redaksi)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com