Pend & Budaya

Program Belajar dari Rumah, Kemendikbud Hadirkan Film-Film Dokumenter Netflix

Pend & Budaya

18 Juni 2020 15:31 WIB

Ilustrasi (Pixabay)

JAKARTA, solotrust.com - Memasuki kalender akademik libur sekolah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengumumkan kemitraan dengan penyedia layanan hiburan streaming kelas dunia, Netflix. Sebagai bagian dari program Belajar dari Rumah, film-film dokumenter Netflix akan ditayangkan melalui saluran televisi.

Mulai 20 Juni 2020, film-film dokumenter persembahan Netflix akan tayang perdana setiap Sabtu pukul 21.30 WIB dan tayang ulang setiap Minggu dan Rabu pada pukul 09.00 WIB. Tayangan-tayangan ini akan disiarkan secara terestrial melalui Televisi Republik Indonesia (TVRI).



Program Belajar dari Rumah yang diluncurkan 12 April 2020 merupakan alternatif belajar di tengah pandemi virus corona (Covid-19). Upaya ini dilakukan Kemendikbud guna memastikan agar dalam masa sulit ini masyarakat terus mendapatkan kesempatan melakukan pembelajaran dari rumah. Salah satunya melalui media televisi dengan jangkauan terluas di Indonesia.

“Program Belajar dari Rumah di TVRI ditujukan untuk membantu peserta didik, orang tua, dan guru yang memiliki keterbatasan akses internet, baik karena kendala ekonomi maupun geografis,” terang Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim di Jakarta, Rabu (17/06/2020), dilansir dari laman resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, kemdikbud.go.id.

Mendikbud menambahkan, tidak terkecuali pada masa libur sekolah, Kemendikbud tetap berkomitmen menyediakan tayangan berkualitas tinggi yang mendidik dan menghibur.

Upaya untuk terus membangun pendidikan bermutu ketika menghadapi pandemi ini pun disambut baik Netflix yang berkontribusi menyediakan konten kelas dunia untuk kerja sama ini tanpa biaya.

“Kemendikbud mengapresiasi dukungan Netflix yang untuk kali pertama di dunia bekerja sama dengan pemerintah menayangkan dokumenter terbaiknya melalui siaran televisi. Kami berharap upaya ini disambut baik dan dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat untuk terus memperluas wawasan dengan cara lebih menyenangkan dan menghibur,” jelas Nadiem Makarim.

Sementara Wakil Presiden Konten Original Bahasa Lokal Netflix, Bela Bajaria mengatakan Netflix menawarkan berbagai jenis pilihan tayangan, termasuk film-film pemenang penghargaan, serial televisi untuk anak-anak dan keluarga, serta tayangan dokumenter. 

"Melalui kerja sama dengan Kemendikbud akan semakin banyak masyarakat Indonesia yang dapat mengakses dan menikmati tayangan dokumenter Netflix Original,” tambahnya.

Beberapa dokumenter pembelajaran Netflix Original yang dapat disaksikan pada program Belajar dari Rumah, di antaranya Our Planet, Street Food: Asia, Tidying Up with Marie Kondo, Spelling the Dream, Chasing Coral, dan Night on Earth. Dokumenter-dokumenter itu akan ditayangkan dengan terjemahan Bahasa Indonesia.

Program Belajar dari Rumah melalui televisi berfokus pada peningkatan kemampuan literasi dan numerasi, penumbuhan karakter, dan perluasan wawasan kebudayaan. Kemendikbud dalam hal ini terbuka terhadap konten positif, baik dari Indonesia maupun mancanegara.

(redaksi)

Berita Terkait

Kisah Guru Avan Rela Sambangi Muridnya Belajar dari Rumah

TVRI Siarkan Program Belajar dari Rumah di Tengah Pandemi Covid-19

Di Balik Penutupan 23 Kampus oleh Kemendikbudristek, Ada Apa Sebenarnya?

Kemendikbudristek Tetapkan 16 Budaya di Jateng Sebagai WBtb

Telkomsel Dukung Kemendikbudristek Salurkan Bantuan Kuota Internet Pelajar

Beasiswa Unggulan Kemendikbud 2020 Dibuka, Ini Syaratnya

Kemendikbud Gelar Lomba Blog dan Vlog Bertema Pembelajaran di Masa Pandemi

Pandemi Covid-19, Kemendikbud Luncurkan Program KIHAJAR 2020 Format Daring

Apple TV+ Rilis Film Dokumenter Selena Gomez: My Mind & Me

Film Dokumenter "Selena Gomez : My mind and Me" Siap Buka AFI Fest November Mendatang

Film Dokumenter BTS Break The Silence Menang di MTV Movie & TV Awards 2021

Film Dokumenter BTS Break The Silence Masuk Nominasi MTV Movie & TV Awards 2021

BoA Rilis Film Dokumenter 202020, Peringati 20 Tahun Karir Musiknya

BLACKPINK Akan Rilis Film Dokumenter Pertamanya BLACKPINK: Light Up the Sky di Netflix

Mengenal Ruy Iskandar, Aktor Indonesia di Film Avatar: The Last Airbender

Trik Jitu Mahasiswi Solo Nonton Film Tanpa Perlu ke Bioskop

Sinopsis Film Dear David yang Tayang di Netflix Hari Ini

Dear David Tayang di Netflix Kamis Besok, Angkat Lika-liku Remaja Masa Kini

Film Mencuri Raden Saleh Tayang di Netflix Hari Ini, Berikut Sinopsis dan Link Nontonnya

Sinopsis Drakor The Fabulous, Adu Akting Minho dan Chae Soo-Bin

Kemendikbud Siapkan Alternatif Pembelajaran melalui TVRI pada Semester Genap TA 2020/2021

TVRI Siarkan Program Belajar dari Rumah di Tengah Pandemi Covid-19

TVRI Kena Sanksi Gara-gara Tampilkan Visualisasi Napza

Berita Lainnya